Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Prospek Kerja Teknik Elektro yang Menjanjikan, Mahasiswa Cek

Kompas.com - 12/11/2023, 08:49 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Teknik Elektro jadi salah satu jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Teknik elektro adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan penggunaan listrik dan elektromagnetik untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara peralatan elektronik dan sistem listrik.

Ilmu teknik elektro mencakup bidang seperti elektronika, komunikasi, kontrol, energi listrik, dan pemrosesan sinyal.

Calon mahasiswa yang masih ragu-ragu memilih Jurusan Teknik Elektro, harus tahu prospek kerja setelah lulus bisa bekerja di sektor apa saja.

Teknik elektro merupakan bidang yang punya banyak potensi dan peluang kerja. Karena dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan, selalu berhubungan dengan kelistrikan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sains Data, Lulusan Paling Dicari di Era Digital

Prospek kerja Jurusan Teknik Elektro

Dilansir dari laman Universitas Kristen Maranatha, Minggu (12/11/2023) menjelaskan prospek kerja lulusan Teknik Elektro dan serba-serbi mengenai Jurusan Teknik Elektro yang perlu diketahui para mahasiswa.

Saat memilih untuk mengambil Program Studi Teknik Elektro, mahasiswa juga akan diberikan tambahan kemampuan soft skill, pengetahuan manajemen, dan kewirausahaan, sehingga memiliki bekal untuk menjadi wirausahawan.

1. Project Engineer

Prospek kerja teknik elektro sebagai project engineer di Indonesia dapat dikatakan cukup menjanjikan.

Dalam perkembangan industri 4.0 yang semakin pesat, para ahli teknik elektro sebagai project engineer sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sistem-sistem teknologi yang lebih kompleks.

2. Software Engineer

Sebagai software engineer, para ahli teknik elektro akan bertanggung jawab dalam pengembangan, perancangan, dan pengujian sistem-sistem software yang digunakan di berbagai sektor. Seperti telekomunikasi, manufaktur, dan energi.

Dalam era industri 4.0 yang semakin maju, para ahli teknik elektro sebagai software engineer sangat dibutuhkan untuk mengembangkan software dan aplikasi yang lebih canggih dan efisien.

Baca juga: Jurusan Kriminologi Bisa Jadi Apa? Info bagi Calon Mahasiswa

3. Sektor manufaktur

Prospek kerja teknik elektro selanjutnya adalah di bidang manufaktur. Sebagai ahli teknik elektro di sektor manufaktur, para profesional ini akan bertanggung jawab dalam perancangan, pengembangan, dan pengawasan sistem-sistem teknik elektro yang terlibat dalam suatu proses produksi.

Ahli teknik elektro di sektor manufaktur sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi.

4. Electrical Design Engineer

Pekerjaan sebagai electrical design engineer di Indonesia sangat menjanjikan. Sebagai electrical design engineer, para ahli teknik elektro akan bertanggung jawab dalam perancangan dan pengembangan sistem-sistem listrik yang digunakan di berbagai sektor, seperti perumahan, bangunan gedung, industri, dan transportasi.

Para ahli teknik elektro sebagai electrical design engineer sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sistem-sistem listrik yang lebih canggih, reliabel, dan efisien.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com