Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurusan Unik Hanya Ada di Luar Negeri, Prospek Kerja Menjanjikan

Kompas.com - 21/10/2023, 08:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri, ada berbagai jurusan yang bisa kamu pilih.

Bahkan di kampus luar negeri, ada beberapa jurusan yang tidak bisa ditemukan di kampus di Indonesia.

Jurusan ini tidak hanya langka tapi juga unik karena mendalami bidang ilmu tertentu secara spesifik. Meski dikatakan jurusan langka karena hanya di luar negeri, namun prospek kerja lulusan jurusan ini juga cukup menjanjikan.

Dilansir dari akun Instagram Schoters, Jumat (20/10/2023) berikut jurusan kuliah unik yang hanya ada di kampus luar negeri dan bisa dijadikan referensi calon mahasiswa.

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran Untar 2024/2025 Dibuka, Cek Biaya Kuliahnya

Jurusan unik yang hanya ada di kampus luar negeri

1. Space Syntax: Arsitektur dan Kota

Calon mahasiswa yang tertarik di bidang arsitektur dan desain perkotaan, bisa menjadikan Jurusan Space Syntax: arsitektur dan kota ini bisa dijadikan referensi. Jurusan Space Syntax: Arsitektur dan Kota yang hanya ada di University College London.

Space Syntax akan mempelajari cara menyusun analisis visual, kepadatan ruas jalan, rute tercepat, alur pergerakan manusia hingga pertumbuhan ekonomi suatu kota. Ilmu ini sangat bermanfaat bagi perencanaan kota dan strategi pengembangan wilayah.

2. Manajemen Teknologi Baking

Bagi calon mahasiswa yang tertarik mendalami ilmu bakery dan pastry, Jurusan Manajemen Teknologi Baking bisa jadi pilihan.

Jurusan ini bisa ditemukan di London South Bank University yang menjadi bakery school tertua di United Kingdom (UK) dan memiliki jurusan terkait teknologi baking.

Baca juga: 5 PTN Ini Buka Penerimaan Maba Jalur Ketua OSIS, Ada IPB dan Unair

Jurusan ini akan mempelajari manajemen di balik produksi bakery, keamanan pangan hingga pemasaran bakery. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa mengikuti jejak Paul Hollywood atau Mary Berry sebagai pembuat kue kenamaan.

3. Astrobiologi

Jika di Indonesia ada Jurusan Astronomi di Institut Teknologi Bandung (ITB), di Florida Institute of Technology memiliki Jurusan Astrobiologi.

Jurusan ini mendalami ilmu planet dan asal usul kehidupan. Pernahkan kamu mendengar project Olympus dari NASA akan membangun perumahan di bulan tahun 2040?

Jurusan Astrobiologi akan mempelajari dampak perjalanan ruang angkasa pada manusia dan menemukan kehidupan mikroba di masa lalu atau sekarang di Mars.

Baca juga: Astra International Buka Lowongan Kerja S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Demikian informasi mengenai jurusan langka yang hanya ada di kampus luar negeri dan prospek kerjanya menjanjikan. Dari tiga jurusan kuliah unik ini, kamu tertarik pilih mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com