Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Dipelajari hingga Prospek Kerja Jurusan Teknik Geospasial

Kompas.com - 07/10/2023, 10:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bisa dipilih, salah satunya adalah Jurusan Teknik Geospasial.

Pernahkah kamu mendengar istilah juru ukur? Atau mungkin pernah melihat di jalan ada beberapa orang yang terlihat seperti sedang mengintai menggunakan suatu alat.

Saat ini, pekerjaan juru ukur sedang banyak diminati kalangan anak muda. Selain sumber dayanya banyak dibutuhkan, gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan.

Profesi tersebut bisa dilakukan oleh siswa SMK lulusan Teknik Geospasial. Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Sabtu (7/10/2023) menjadi profesi juru ukur tidak hanya sekadar tentang pengukuran saja tetapi juga harus bisa mengolah data agar menghasilkan informasi terkait hal yang telah diukur.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Prospek kerja Jurusan Teknik Geospasial 

Untuk menjadi juru ukur yang andal kamu harus menempuh pendidikan yang relevan terlebih dahulu. Salah satunya dengan memilih SMK Jurusan Teknik Geospasial.

Ada beberapa hal yang dipelajari siswa SMK Jurusan Teknik Geospasial.

Siswa kelas 9 yang ingin melanjutkan pendidikan di SMK dan memilih Jurusan Teknik Geospasial, perhatikan informasi ini sampai selesai.

Jurusan Teknik Geospasial adalah perpaduan antara ilmu geodesi dan informatika. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari bagaimana mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis hingga manajemen data spasial yang berdasarkan pada ilmu geodesi.

Ilmu ini berhubungan dengan pengukuran dan perepresentasian dari bumi serta benda-benda langit yang kemudian diolah hingga bisa menampilkan suatu informasi.

Baca juga: Apakah Sekolah di SMA Pradita Dirgantara Gratis? Cek Jawabannya

Hal yang dipelajari Teknik Geospasial

Salah satu prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Geospasial adalah menjadi Juru Ukur. Profesi ini sangat dibutuhkan di Badan Pertanahan dan Pertambangan.

Siswa Jurusan Teknik Geospasial akan mempelajari beberapa hal, antara lain:

1. Pengenalan alat

Pada tahap ini para siswa akan mempelajari berbagai alat yang akan digunakan selama pembelajaran. Alat-alat yang dipelajari oleh siswa mulai dari alat manual hingga alat digital yang canggih.

2. SIG

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sebuah sistem yang bertugas untuk menyajikan, mengumpulkan suatu data terkait geografi. Data ini berisikan fakta dan permukaan bumi secara lengkap.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com