Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Beasiswa UI, Pastikan Punya Akun UI Dulu

Kompas.com - 07/11/2023, 09:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang butuh bantuan biaya pendidikan, maka bisa melamar Beasiswa UI.

Dilansir dari laman Beasiswa UI, beasiswa diberikan kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial.

Ada beberapa paket beasiswa yang bisa dipilih oleh mahasiswa UI. Tentu semua dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain sebagai mahasiswa UI yang sudah memiliki akun UI atau sistem Single Sign On UI, beasiswa ini juga terbuka bagi yang belum terdaftar sebagai mahasiswa UI.

Baca juga: 4 Jenis Nutrisi untuk Tingkatkan Konsentrasi, Mahasiswa Bisa Coba

Alur beasiswa UI

Dalam masa Periode pendaftaran suatu Paket Beasiswa, Pelamar/Pendaftar Beasiswa dapat mengisi formulir elektronik dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang diharapkan.

Setelah masa Periode pendaftaran suatu Paket Beasiswa berakhir, Pengelola akan mengusulkan calon Penerima Beasiswa kepada Pendonor (pemberi beasiswa).

Usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa diproses oleh Pengelola di tingkat Universitas/Fakultas sesuai dengan kriteria dan tujuan dari Paket Beasiswa tersebut.

Nantinya, Pendonor akan melakukan seleksi dan meng-Approve atas usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa yang diajukan oleh Pengelola Paket Beasiswa.

Setelah proses Pendaftaran dan Seleksi selesai, Pengelola dan Pendonor akan memproses rencana keuangan yang sudah disetujui untuk direalisasikan bagi setiap Penerima Beasiswa secara berkala hingga berakhirnya Paket Beasiswa.

Dalam masa pelaksanaan Paket Beasiswa, Penerima Beasiswa wajib melaporkan prestasi dan capaian kepada Pendonor melalui Sistem Beasiswa.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Prestasi dan capaian Penerima Beasiswa akan dipantau oleh Pendonor maupun Pengelola agar selalu sesuai dengan kriteria dan tujuannya.

Cara daftar beasiswa UI

1. Login pada sistem Single Sign On UI (Pastikan Anda sudah memiliki Akun UI).

2. Memilih paket beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Klik tombol "Daftar" pada paket beasiswa yang Anda pilih.

4. Mengisi seluruh data yang diperlukan, kemudian mengunggah seluruh dokumen Syarat dan Ketentuan yang diminta.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com