Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Kompas.com - 06/11/2023, 12:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di wilayah DKI Jakarta, maka bisa memilih PTS murah di Jakarta. Kampus mana saja itu?

Tentu, biaya kuliah menjadi faktor penting bagi calon mahasiswa. Apalagi yang tidak bisa mendapat akses beasiswa kuliah.

Maka, cara yang bisa dilakukan ialah mencari perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik tapi dengan biaya kuliah yang terjangkau.

Berikut ini beberapa kampus dengan biaya murah di wilayah Jakarta. Adapun info ini bukan berdasarkan pemeringkatan kampus.

Baca juga: 6 Jenis Pekerjaan yang Cocok bagi Mahasiswa

PTS murah di Jakarta

1. Universitas Mercu Buana Jakarta

Ada banyak prestasi yang diraih oleh kampus ini. Maka dari itu, calon mahasiswa bisa memilih Universitas Mercu Buana sebagai kampus pilihan.

Universitas ini memiliki 6 fakultas dengan 14 jurusan untuk program studi Sarjana. Meski jadi salah satu kampus swasta terbaik di Jakarta, biaya kuliahnya masih terjangkau.

Misalnya untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prodi D3 Akuntansi, Uang BPP pokok per semesternya adalah Rp 1,5 juta, biaya per SKS-nya adalah Rp 300.000, uang kemahasiswaan per tahunnya adalah Rp 130.000, dan total biaya yang harus dikeluarkan ketika lulus adalah sekitar Rp 60,2 juta.

2. Universitas Gunadarma

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik, Universitas Gunadarma sudah menyediakan jurusan favorit yang sudah terakreditasi A, seperti Psikologi, Ekonomi, Sastra Inggris, serta Komputer dan berbagai prodi Teknik lain.

Sedangkan untuk biaya kuliahnya terdiri dari biaya SKS, uang gedung, dan biaya pengembangan pendidikan atau BPP dengan kisaran yang akan disesuaikan dengan jurusan yang kamu pilih.

Contohnya program studi S1 Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, biaya USP-nya terdiri dari 3 kategori, yakni grade AA sekitar Rp 22 juta, grade A Rp 26 juta, dan untuk grade B Rp 30 juta.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Kesibukan Kuliah Sambil Kerja

Sedang BPP-nya sekitar Rp 3,5 juta, serta untuk biaya SKS-nya sekitar Rp 250.000 per SKS.

3. Universitas Dian Nuswantara

Jika kamu ingin mencari PTS murah di Jakarta, maka bisa pilih Universitas Dian Nuswantara atau Undira. Untuk biaya kuliahnya per semester mulai dari Rp 3 juta.

Lokasi kampusnya, ada dua di Jakarta Barat dan 1 kampus berada di Bekasi. Jumlah prodinya untuk jenjang S1 nada 10 prodi.

4. Universitas Jayabaya

Adapun universitas yang terakreditasi B dari BAN-PT ini berlokasi di Jalan Pulomas Selatan Kav. 23, wilayah Jakarta Timur.

Selain untuk jenjang S1, universitas ini juga menyediakan Program Studi untuk Diploma, Magister, dan Doktor.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com