Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 PTN di Jawa Timur yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Kompas.com - 03/11/2023, 07:53 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur yang lulusannya cepat dapat kerja.

Perguruan tinggi di Indonesia yang lulusannya cepat dapat kerja ini merupakan hasil penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2022.

Berdasarkan pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2022, ada tiga PTN di Jawa Timur yang lulusannya cepat dapat kerja.

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah tentu ingin segera mendapatkan kerja setelah menyelesaikan studi.

Baca juga: 20 Jurusan Paling Ketat UNS di SNBP 2023, Referensi Daftar 2024

3 PTN di Jawa Timur yang lulusannya cepat dapat kerja

Maka tiga PTN di Jawa Timur yang lulusannya cepat dapat kerja sesuai pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2022 ini bisa jadi referensimu dalam memilih kampus.

Universitas yang masuk dalam pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2022, telah menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan lulusan dengan 'soft skill' yang dibutuhkan di tempat kerja modern.

Mengingat ketatnya persaingan untuk mendapatkan peran lulusan di seluruh dunia, mahasiswa harus serius mempertimbangkan bagaimana universitas bisa mempersiapkan mahasiswanya secara memadai untuk pekerjaan penuh waktu.

Termasuk peran universitas menghubungkan lulusannya dengan pemberi kerja serta memastikan lulusannya bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

Sebagai informasi QS WUR menggunakan lima indikator dalam menentukan peringkat QS Graduate Employability Rankings 2022, yakni:

  • Employer reputation
  • Alumni outcomes
  • Partnerships with employers per faculty Employer/student connections
  • Graduate employment rate


Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Dilansir dari laman resmi topuniversities.com, Kamis (2/11/2023) berikut tiga PTN yang menghasilkan lulusan paling dapat dipekerjakan.

Dari 5 indikator tersebut, hasilnya ada 7 PTN di Indonesia yang lulusannya cepat dapat kerja menurut QS Graduate Employability Rankings 2022.

Dari 7 PTN tersebut, tiga diantaranya merupakan kampus dari Jawa Timur. Berikut daftarnya:

1. Universitas Airlangga (Unair)

  • Peringkat dunia: 301-500

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

  • Peringkat dunia: 301-500

3. Universitas Brawijaya (UB)

  • Peringkat dunia: 501+

Demikian 3 PTN di Jawa Timur yang lulusannya cepat dapat kerja versi QS Graduate Employability Rankings 2022. Calon mahasiswa di Jawa Timur yang tahun 2024 hendak kuliah, bisa mempertimbangkan mendaftar di tiga kampus ini.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah S2 dan S3 di Unesa 2023, UKT Mulai Rp 8 Juta

Namun perlu diingat bahwa cepat tidaknya mendapatkan pekerjaan juga sangat tergantung kemampuan dan kompetensi yang dimiliki pribadi masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com