Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat PKKMB 2023, Maba Untag Mampu Pilah 32 Meter Kubik Sampah

Kompas.com - 31/08/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi di Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) sukses menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Adapun penutupan PKKMB ditandai dengan pengukuhan mahasiswa baru (maba) sebanyak 3.174 orang di berlangsung di lapangan timur Untag Surabaya, Selasa (29/8/2023).

Pada acara penutupan itu secara simbolis dilakukan oleh tujuh Dekan dan perwakilan tujuh mahasiswa baru yang berasal dari tujuh fakultas yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru untuk mengenakan jas almamater.

Tahun ini, sesuai dengan tema PKKMB, Untag Surabaya mengedukasi mahasiswa baru untuk menyadari fenomena perubahan iklim dengan menghitung jejak karbon.

Baca juga: Polban Inovasi Mesin Pencacah Sampah Organik untuk Pakan Maggot

Selain itu, Untag juga mengajak mahasiswa baru untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan dengan aksi nyata dalam melakukan pemilahan sampah.

Mahasiswa baru dibimbing untuk memilah sampah menjadi tiga bagian yaitu sampah botol plastik, sampah kardus, dan sampah residu atau sisa kotoran lainnya.

Tentu Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., mengapresiasi para mahasiswa baru yang berhasil mewujudkan PKKMB dengan lancar.

Prof. Nugroho juga berharap para mahasiswa baru akan terus mengimplementasikan pemilahan sampah pada kehidupan sehari-hari mereka.

Dalam proses pemilahan tersebut, calon mahasiswa baru dibimbing untuk memilah sampah. Aksi ini merupakan hal yang patut diapresiasi karena keberhasilan kegiatan PKKMB turut didukung secara penuh oleh calon mahasiswa baru sekalian.

"Kami harapkan, proses pemilahan sampah dalam PKKMB ini bisa menjadi pelecut bagi kita semua, khususnya para mahasiswa baru untuk terus melakukan pemilahan sampah dalam kehidupan sehari-hari," ujar Prof. Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Rektor juga memberi apresiasi pada 21 polisi sampah dengan memberikan piagam penghargaan yang membantu mahasiswa baru dalam mengumpulkan sampah selama empat hari PKKMB yang menghasilkan 32 meter kubik.

"Kami juga mengucapkan apresiasi pada polisi sampah. Dalam acara PKKMB kali ini, kita semua didukung oleh 21 polisi sampah. Sebagai wujud apresiasi, kami akan memberikan piagam penghargaan pada 21 polisi sampah PKKMB 2023," terangnya.

Ia juga berharap agar semua bisa berkontribusi dalam penyelesaian masalah lingkungan seperti anomali cuaca, dan produksi sampah berlebih, atau yang dikenal sebagai fenomena perubahan iklim.

Prof. Nugroho juga berharap para mahasiwa baru dapat menjadi Patriot Merah Putih yang terus berkontribusi dan mengharumkan nama Indonesia.

Baca juga: Pakar UGM: Ini Bahayanya Sampah jika Dibakar

"Selamat berproses menjadi mahasiswa, menjadi patriot Merah Putih yang terus berkontribusi, mengharumkan nama Indonesia dengan inovasi-inovasi kreatif yang berkarakter kebangsaan," tandas Rektor Untag Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com