Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT Ke-55, Hari Ini SDK Sorowajan Gelar Lomba hingga Bazar

Kompas.com - 26/08/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - SD Kanisius Sorowajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (26/8/2023) hari ini menggelar berbagai kegiatan menarik dalam rangka HUT ke-55.

Mulai dari pentas seni siswa, aneka lomba serta bazar berbagai jenis makanan serta minuman. Bahkan ada pula stand otomotif dan asesoris yang turut meramaikan perayaan HUT ke-55 SDK Sorowajan tersebut.

Tema 'Loving, Caring, Sharing' sengaja dipilih pada tahun 2023 ini untuk memperingati HUT ke-55 SD Kanisius Sorowajan, Bantul.

Ternyata, sekolah tersebut tak hanya ingin menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan selama berdiri 55 tahun yang lalu, tetapi juga ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama.

Baca juga: SDK Sorowajan Bantul Besok Gelar Parents Participation, Giliran Ortu Jadi Guru

Hal itu diwujudkan dengan bakti sosial di SD Kanisius Promasan Kulonprogo DIY, Rabu (23/8/2023). Adapun SD Kanisius Promasan merupakan salah satu SDK yang berada di pelosok Kulonprogo.

Baksos bentuk empati dan peduli sesama SD Kanisius

Menurut Kepala SDK Sorowajan Bantul, Anna Maria Wahyuni, dari baksos itu bisa menumbuhkan rasa empati bagi sesama sekolah Kanisius yang ada di wilayah DIY.

"Kami bersama komite sekolah ingin mempraktikkan rasa empati dan peduli kepada teman-teman Kanisius di SDK Promasan. Sebab, meski sekolah tersebut berada di pelosok perbukitan Kulonprogo, tetapi mereka semua tetap semangat untuk berjuang dan belajar," ujar Anna Maria di sekolahnya, Jumat (25/8/2023).

Tak hanya baksos, sekolah yang menyandang prestasi Sekolah Adiwiyata pada 2014 tersebut juga mengadakan Ekaristi Syukur Perayaan HUT ke-55, Jumat (26/8/2023).

Baca juga: Di SD Ini, Dosen USD Beri Edukasi Seks hingga Cara Mencegah Pelecehan Seksual

Barulah kemudian digelar aneka kegiatan menarik yang melibatkan banyak pihak dari luar termasuk lomba mewarnai bagi anak TK serta SD dengan peserta juga dari luar sekolah di hari berikutnya.

"Perayaan HUT tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena pasca pandemi Covid-19, kini anak-anak bisa tampil kembali," kata Kepala SDK Sorowajan.

Tentu tujuannya agar dapat memotivasi anak-anak lebih semangat dalam belajar serta bakat, minat dan kreativitasnya semakin berkembang.

"Pada saat pandemi sempat terjadi learning loss, maka ini kesempatan anak-anak unjuk kreativitas dan bakatnya," jelas Anna Maria.

Sejarah singkat berdirinya SDK Sorowajan

Kepala SD Kanisius Sorowajan juga menjelaskan sejarah singkat berdirinya sekolah tersebut. Yakni didirikan oleh beberapa sesepuh dusun Sorowajan dan sekitarnya.

SD Kanisius Sorowajan merupakan salah satu Sekolah Kanisius Cabang Yogyakarta yang terletak di segitiga Emas antara Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kotamadya Yogyakarta.

Kondisi geografis dan topografis SD Kanisius Sorowajan terletak di Jalan Sorowajan No. 111, Banguntapan, Bantul, DIY. Adapun dulu sekolah ini berdiri pada tanggal 2 Juli 1962.

Baca juga: Sehari Mengajar di Kelas, Ortu: Ternyata Tidak Gampang Jadi Guru

Namun baru resmi atau secara de jure mendapatkan SK pada 2 Agustus 1968. Sehingga setiap 2 Agustus selalu diperingati sebagai hari ulang tahun SDK Sorowajan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com