Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa TK Kanisius Sorowajan Belajar Mengenal Dunia Dirgantara di Muspusdirla

Kompas.com - 17/03/2023, 13:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 58 siswa TK Kanisius Sorowajan Bantul DIY antusias ikut outing class di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Jumat (17/3/2023).

Tujuan dari outing class atau pembelajaran di luar kelas tersebut untuk mengenalkan lebih dekat dunia dirgantara, khususnya koleksi pesawat terbang milik TNI Angkatan Udara.

Rasa kagum tentu dirasakan para anak-anak muda generasi bangsa ini karena bisa melihat langsung puluhan koleksi pesawat terbang yang dulu pernah digunakan oleh TNI AU.

Bersama Kapten Tek Dewantoro dari Muspusdirla yang menjadi pemandu outing class tersebut, anak-anak bisa tahu lebih banyak beragam koleksi milik TNI AU selain pesawat terbang.

Baca juga: Siswa TK-SDK Sorowajan Bantul Diajak Jadi Duta Pencegahan Penyebaran Covid

Ada seragam dinas TNI AU dari masa ke masa, peralatan perang, senjata, rudal, diorama suatu kejadian di masa setelah kemerdekaan, serta foto-foto pahlawan dari TNI AU dan masih banyak lagi.

Anak-anak juga diajak naik ke dalam badan pesawat serta helikopter. Ada pula pesawat bernama Sikumbang karya anak bangsa yakni Nurtanio yang jadi kebanggaan TNI AU pada masa setelah kemerdekaan.

Di sesi akhir, siswa TK Kanisius Sorowajan diajak ke mini theater Muspusdirla untuk melihat video dokumenter atraksi Jupiter Aerobatic Team. Ternyata, mereka sangat senang.

Mereka tak henti-hentinya bersorak bergembira dan bertepuk tangan lantaran kagum dengan atraksi akrobatik pesawat Jupiter milik TNI AU.

Bantu perkembangan imajinasi anak

Kapten Tek Dewantoro dari Muspusdirla saat menjelaskan pesawat Sikumbang pada siswa TK Kanisius Sorowajan Bantul DIY di Muspusdirla Yogyakarta, Jumat (17/3/2023).KOMPAS.com/Albertus Adit Kapten Tek Dewantoro dari Muspusdirla saat menjelaskan pesawat Sikumbang pada siswa TK Kanisius Sorowajan Bantul DIY di Muspusdirla Yogyakarta, Jumat (17/3/2023).

Kepala TK Kanisius Sorowajan Agustina, SPd., mengatakan, outing class ini kembali digelar usai terhenti karena pandemi Covid-19.

"Terakhir kami mengadakan outing class di Museum Dirgantara Mandala ini pada awal 2020 sebelum pandemi. Baru kali ini bisa kami adakan lagi," ujar dia disela kegiatan.

Agustina mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas dan kebetulan lokasi Muspusdirla juga tidak jauh dari sekolah TK Kanisius Sorowajan.

Baca juga: Belajar di Muspusdirla, Taruna AAU Serap Semangat Pendahulu TNI AU

"Anak-anak kami bawa ke museum ini agar mereka senang dengan pembelajaran yang bevariasi. Ini juga bisa membantu perkembangan imajinasi anak," katanya.

Selain itu, anak-anak juga lebih mengenal pahlawan TNI AU termasuk jenis pesawat yang dulu pernah diterbangkan para pilot TNI AU.

Harapannya, dengan outing class ini anak-anak bisa cinta tanah air, lebih bersemangat dalam belajar serta memotivasi anak untuk menggapai cita-citanya.

Sementara Kepala Muspusdirla Yogyakarta Kolonel Sus Yuto Nugroho mengaku bersyukur karena banyak generasi muda yang mau mengunjungi museum dirgantara untuk belajar.

"Saya senang dan bersyukur karena sudah ada niat untuk mengenal TNI AU sejak dini. Ini merupakan sesuatu yang harus kita suport," terangnya.

Baca juga: Kunjungi Muspusdirla, Anggota Paskibra Kebumen Ini Ingin Jadi Pilot TNI AU

Kolonel Yuto juga berharap agar generasi penerus ini tidak lupa sejarah. Untuk itu, kunjungan ke museum penting diberikan kepada pelajar terlebih bagi anak-anak TK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com