Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Muspusdirla, Anggota Paskibra Kebumen Ini Ingin Jadi Pilot TNI AU

Kompas.com - 27/08/2022, 14:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu siswa SMAN 1 Karanganyar Kebumen, Dimas Febrianto kagum melihat atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Mini Teater Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Bahkan siswa yang juga anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Kebumen Jawa Tengah tersebut juga berharap ke depannya bisa menjadi pilot TNI Angkatan Udara.

Hal itu dia ungkapkan saat berkunjung di Muspusdirla Yogyakarta bersama 23 anggota Paskibra lain, 10 pelatih dan 16 pendamping.

Baca juga: Komcad Kunjungi Muspusdirla Belajar Sejarah TNI AU

Termotivasi jadi pilot TNI AU

Usai mengunjungi museum tersebut dia merasa termotivasi dengan pengorbanan pejuang-pejuang bangsa.

"Sehingga saya juga termotivasi ingin menumbuhkan rasa semangat saya untuk menggapai cita-cita menjadi pilot pesawat tempur TNI AU," harap Dimas.

Kepala Muspusdirla Yogyakarta, Kolonel Sus Yuto Nugroho menyatakan kebanggaannya karena Muspusdirla menjadi salah satu destinasi kunjungan anggota Paskibra Kabupaten Kebumen.

Ia berharap melalui kunjungan ke Muspusdirla ini, para anggota Paskibra dapat menyerap semangat dan meneladani sikap rela berkorban para pendahulu TNI AU.

Tentu dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga angkasa Indonesia.

Baca juga: HAN 2022, Komunitas DTLS Nonton Bareng di Muspusdirla Yogyakarta

"Untuk memajukan Indonesia dibutuhkan sikap kepahlawanan seperti semangat berkorban dan meletakkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi," terang Kolonel Yuto.

"Dan saya yakin, sikap kepahlawanan tersebut ada di setiap hati anggota Paskibra Kabupaten Kebumen," imbuhnya.

Kolonel Yuto Nugroho juga mengatakan, anggota Paskibra dapat meneladani sikap kepahlawanan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari untuk menghargai jasa para pahlawan.

"Para pendahulu berjuang dengan membawa senjata, generasi sekarang berjuang dengan semangat belajar untuk mewujudkan cita-cita," tandasnya.

Tumbuhkan jiwa patriotisme

Sementara Kepala Bidang Ideologi dan Kewaspadaan Kesbangpol Kabupaten Kebumen, Pratikno, S.Sos., mengatakan kunjungan anggota Paskibra Kabupaten Kebumen ke Muspusdirla dimaksudkan sebagai sarana menanamkan jiwa patriotisme.

Adapun pemilihan Muspusdirla Yogyakarta sebagai destinasi kunjungan bukan tanpa alasan, karena di Muspusdirla dipamerkan ribuan koleksi.

Diharapakan dari koleksi-koleksi tersebut para anggota Paskibra Kebumen yang bertugas pada peringatan ke-77 Kemerdekaan Indonesia tersebut dapat bertambah pengetahuannya.

Baca juga: Menilik Kisah Toleransi Korban Pesawat Dakota VT-CLA, Penting Diketahui Generasi Muda

Tentunya terkait sejarah Angkatan Udara Republik Indonesia serta bisa menyerap semangat dan meneladani sifat rela berkorban, sebagai bekal dalam belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com