Kompas.com - 13/08/2022, 14:33 WIB
|

KOMPAS.com - Belajar tak harus di lembaga pendidikan, tetapi belajar bisa di mana saja. Bahkan di museum juga dapat belajar dari berbagai benda-benda bersejarah.

Di museum, siapa saja juga dapat belajar dari semangat juang para pendahulu. Seperti halnya yang dilakukan para peserta Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara.

Sebanyak 250 Komcad Matra Udara mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Siswa PaPK TNI Serap Nilai Kepahlawanan Saat Mengunjungi Muspusdirla

Adapun kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) Kolonel Sus Yuto Nugroho di Halaman Parkir Selatan Muspusdirla.

Belajar sejarah TNI AU

Menurut Kolonel Yuto, kunjungan ini merupakan pilihan yang tepat, yakni peserta Komcad Matra Udara mengunjungi Muspusdirla Yogyakarta.

Hal ini dikarenakan di Muspusdirla tersimpan ribuan koleksi yang menjadi saksi semangat juang dan rela berkorban para pendahulu Angkatan Udara (AU).

Melalui koleksi-koleksi yang dipamerkan, Kolonel Sus Yuto Nugroho berharap para peserta Komcad dapat menyerap, meneladani semangat juang dan rela berkorban serta dapat belajar sejarah TNI AU.

Sementara Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Gerak Cepat Kolonel Pas Solihin mengatakan, peserta Komcad dididik dan berlatih selama 3 bulan di Pusdiklatpasgat Pangkalan Udara Sulaiman Bandung.

Baca juga: Menilik Kisah Toleransi Korban Pesawat Dakota VT-CLA, Penting Diketahui Generasi Muda

Sedangkan kunjungan ke Muspusdirla itu, menurut Kolonel Solihin merupakan salah satu kegiatan di Yogyakarta yang bertujuan untuk mengenalkan Alutsista Udara.

Tentunya beragam alutsista udara itu yang dulu pernah digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan udara NKRI.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.