Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2021, 13:45 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Hari Anak Nasional 2021, siswa TK dan SD Kanisius Sorowajan Bantul DIY ikut webinar Program HBCC secara daring, Jumat (23/7/2021).

Tak sekedar webinar, namun siswa dan siswi dari sekolah tersebut diajak untuk menjadi duta dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Kepala SD Kanisius Sorowajan Bantul DIY, Anna Maria Wahyuni, webinar ini menghadirkan narasumber dari Program School Of Five SNV Jakarta.

Baca juga: Proses Terjadinya Hujan, Siswa Sudah Paham?

Adapun HBCC ialah kepanjangan dari Hygiene and Behavior Change Coalition. Ini adalah koalisi perubahan perilaku dan kebersihan yang merupakan program kemitraan global untuk mencegah penyebaran Covid-19 di fasilitas umum terlebih sekolah.

"School of Five merupakan program pendekatan yang digunakan oleh SNV untuk memberikan edukasi kesehatan dan kebersihan tanggap covid di sekolah," kata Anna Maria.

Di dalam program school of five itu ada 5 superhero sebagai sarana pengenalan edukasi yang sangat dekat dengan anak, yaitu: Pipu, Mala, Maxi, Mandy dan Magi.

"Kelima super hero itu yang selalu mengingatkan anak-anak untuk hidup bersih dan sehat," tuturnya.

Dikatakan, super hero ini memiliki karakter dan kekuatan untuk mencegah Covid-19 serta kepribadian yang dapat menginspirasi anak-anak.

Sehingga dengan ramah dan tidak menakutkan bisa memberikan edukasi tentang pencegahan Covid bagi anak-anak.

Atau, melalui kegiatan itu siswa TK dan SD Kanisius Sorowajan diajak menjadi duta pencegahan penyebaran Covid di lingkungan keluarga dan di manapun berada.

"Terlebih, edukasi ini sebagai persiapan jika nanti siswa ikut pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Siswa sudah paham dan sudah terbiasa dalam melakukan 3 M," terang Anna Maria.

Baca juga: Siswa, Ini Raja-raja Kerajaan Kediri

Siswa diajak bantu 5 superhero

Sementara narasumber webinar, Yayu Mukaromah selaku Koordinator Program School Of Five SNV Jakarta menjelaskan, untuk menjadi bagian atau membantu 5 superhero tersebut, siswa harus mendaftar di program school of five.

"Bagaimana kita bisa membantu 5 superhero itu, maka siswa bisa mendaftar melalui laman tanggapcovid.id. Baru nanti dapat ikut semua sesinya sampai selesai," terang Yayu.

Di laman itu, siswa diajak membantu 5 superhero untuk menyelamatkan dunia dari Covid-19. Caranya tentu dengan mengikuti semua sesi School of Five.

Di dalamnya diajari mengenai 3M, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun di aliran air, dan menjaga jarak minimal 1 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com