Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SDK Kembaran Bantul Dukung Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan

Kompas.com - 13/06/2023, 15:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada tutup tahun ajaran 2022/2023, SD Kanisius Kembaran Bantul DIY menyelenggarakan beberapa kegiatan menarik, Jumat-Selasa (9-13/6/2023). Adapun kegiatannya ialah Market Day, Parent Teaching, dan Pets Day.

Menurut Kepala SD Kanisius Kembaran Ridwan Rahadiyanto, S.Si., S.Pd., tujuan utama kegiatan ini untuk membentuk karakter peserta didik agar lebih mandiri, mau bekerja sama, merdeka dalam berekspresi, berani dan juga mencintai lingkungan.

Hal ini selaras dengan nilai-nilai Kanisius yang diperjuangkan di SD Kanisius Kembaran. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut juga sebagai perwujudan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Sekolah sangat fokus dalam memperjuangkan pendidikan karakter peserta didik, salah satunya dengan mencintai lingkungan dengan kasih," ujar Ridwan dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ikut AGT 2023, Putri Ariani Sekaligus Praktik Kerja Lapangan

Semua ikut terlibat

Selain itu, dalam kegiatan-kegiatan tersebut, peserta didik juga diajak untuk berkolaborasi dengan teman lintas kelas agar terpupuk rasa toleransi dan bela rasa.

Tak hanya peserta didik saja, tapi orangtua juga ikut terlibat dalam kegiatan untuk turut memperjuangkan pendidikan karakter yang berbasis lingkungan.

Untuk Market Day dan Parent Teaching adalah bentuk pembelajaran pendidikan karakter yang mengajarkan peserta didik tentang kolaborasi serta berani memunculkan ide-ide dan gagasan.

Pada Market Day itu peserta didik bebas berkreasi membuat barang ataupun makanan kemudian dijual pada acara tersebut. Hal ini akan memunculkan karakter berani dan juga kreatif dalam diri peserta didik.

Sedangkan dalam Parent Teaching, peserta didik akan diajarkan bahwa ilmu bisa didapatkan bukan hanya melalui sekolah dan guru saja, namun dapat melalui berbagai sumber termasuk orangtua.

Sekolah bekerja sama dengan orangtua murid memberikan pembelajaran-pembelajaran baru yang terdapat maupun yang tidak terdapat dalam kurikulum.

Baca juga: SDK Sorowajan Bantul Besok Gelar Parents Participation, Giliran Ortu Jadi Guru

Pembelajaran yang diberikan bisa berbeda dari tiap kelas, mulai dari pembelajaran karakter, membuat kerajinan sampai olahan makanan.

Tentu, semua peserta didik diajak praktik langsung. Dengan hal itu diharapkan muncul sinergitas baik antara sekolah dan orangtua.

Pendidikan karakter ditanamkan sejak dini

Sedangkan puncak acaranya adalah kegiatan Pets Day, di mana dalam kegiatan ini peserta didik diminta membawa hewan peliharaan mereka dan dipresentasikan di depan teman-temannya.

Presentasi yang dilakukan tentang hal-hal sederhana dalam mereka merawat binatang peliharaannya, mulai dari memberi makan, membersihkan kandang dan sebagainya.

Melalui hal ini peserta didik diharapkan mau mencintai dan bertanggung jawab atas hewan peliharaannya serta lingkungan sekitar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com