Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPNVY Beri Klarifikasi PKKBN 2023, Secara Umum Kegiatan Berjalan Lancar

Kompas.com - 21/08/2023, 08:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UPN Jogja

KOMPAS.com - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2023 di UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) secara umum berjalan dengan lancar.

Meski pada Jumat (18/8/2023) sempat terjadi peristiwa dugaan keracunan makanan saat mahasiswa baru (maba) UPNVY mengikuti oubound sebagai rangkaian PKKBN 2023.

Pihak kampus melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Perencanaan UPNVY, Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T., IPM., memberikan klarifikasi terkait peristiwa dugaan keracunan makanan.

Sedang terkait akun-akun yang menyebarkan informasi keracunan massal dan pelecehan seksual, pihaknya memastikan bahwa informasi tersebut tidaklah benar.

Baca juga: Puluhan Maba UPNVY Diduga Keracunan, Pihak Kampus: Beberapa Pasien Sudah Pulang

"Kami masih terus melakukan verifikasi terhadap isu-isu yang berkembang," ujar Singgih, dilansir dari laman resmi UPNVY, Minggu (20/8/2023).

Sampel makanan masih diuji laboratorium

Dikatakan, berdasarkan komunikasi dengan BEM UPNVY dipastikan akun media sosial tersebut bukan akun resmi.

Sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan juga masih dalam proses uji laboratorium oleh Dinas Kesehatan untuk memastikan penyebabnya.

Adapun kegiatan PKKBN UPNVY 2023 digelar pada 12-19 Agustus 2023 dan diikuti sebanyak 5.047 mahasiswa mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, hingga Jurusan/Program Studi.

Untuk PKKBN sendiri juga diisi dengan kegiatan pengembangan karakter dan pembentukan nilai-nilai bela negara.

Kegiatannya diimplementasikan dalam dua bentuk, yakni kegiatan inbound yang diselenggarakan di dalam kampus dan outbound yang diadakan di luar kampus.

Kegiatan outbound berlangsung selama 2 hari secara bergantian antar gugus, dan berlokasi di tiga tempat, yaitu Yonmek 403, Kopasgat, dan AAU. Kerjasama dengan ketiga instansi tersebut telah berlangsung selama beberapa tahun.

Baca juga: Ini Tanggapan Positif Maba Ikut PKKBN FISIP UPNVY 2023

Adapun pelaksanaan kegiatan outbound pada hari pertama, 16 Agustus 2023, diikuti oleh sekitar 2.500 mahasiswa yang tersebar di tiga instansi, berjalan dengan lancar.

"Pada pelaksanaan outbound hari kedua, 18 Agustus 2023, di Yonmek 403, dari total 715 peserta yang mengikuti kegiatan, terdapat 96 mahasiswa yang mengalami gejala sakit perut, mual, dan muntah. Mereka kemudian dirujuk ke fasilitas kesehatan (Fasyankes)," jelasnya.

Dijelaskan bahwa maba yang diduga keracunan itu langsung dirujuk ke RSUP dr. Sardjito (19 mahasiswa), RS Condongcatur (8 mahasiswa), RS JIH (42 mahasiswa), RSA UGM (15 mahasiswa), RS Hermina (7 mahasiswa), RS Panti Rini (1 mahasiswa), Klinik Praktek Siaga 24 (1 mahasiswa), Klinik Gading (1 mahasiswa), dan Klinik dr. Sesi Kalasan (1 mahasiswa).

Hingga kini masih ada beberapa mahasiswa yang menjalani penanganan di fasilitas kesehatan, yakni di RS JIH 3 mahasiswa rawat inap dan di RS Bethesda 1 orang (masuk pukul 8 pagi 19 Agustus untuk dilakukan observasi).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com