Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Bisa Membuat Gagal Masuk PTN Tahun 2024

Kompas.com - 21/08/2023, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 saat ini perlu mempersiapkan diri mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan di tahun ajaran 2024/2025.

Terlebih jika kamu mengincar perguruan tinggi negeri (PTN), kamu harus berusaha ekstra karena akan bersaing dengan ribuan siswa lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa masuk ke PTN, ada tiga jalur yang bisa kamu pilih. Yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) hingga jalur mandiri yang diadakan di masing-masing perguruan tinggi.

Namun ada beberapa hal yang bisa membuatmu gagal masuk PTN lho. Para calon mahasiswa perlu tahu apa saja hal yang membuat gagal masuk PTN agar tidak melakukan kesalahan tersebut.

Baca juga: Cerita Alqe, Awardee Beasiswa Indonesia Maju Raih Pendanaan Rp 4 Miliar

Hal yang membuat gagal masuk PTN tahun 2024

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Minggu (20/8/2023) membagikan informasi mengenai apa saja hal yang membuat gagal masuk PTN. Calon mahasiswa, simak informasi ini sampai selesai ya.

1. Kurang aktif dalam mencari informasi

Salah satu hal yang bisa membuatmu gagal masuk PTN adalah kurang aktif mencari informasi. Sebagai anak muda, saat ini mencari informasi bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui smartphone. Kamu bisa mulai mencari tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendaftar di PTN.

Kamu mulai bisa merencanakan akan mendaftar di PTN lewat jalur mana dan apa saja syaratnya.

Jika kurang telaten mencari informasi, kamu akan telat mendapatkan informasi-informasi penting tentang apa saja jalur masuk PTN dan persyaratannya.

Baca juga: 10 Tips Lolos Jadi Siswa SMA Pradita Dirgantara

2. Menyepelekan waktu belajar

Hal lain yang membuatmu gagal masuk PTN adalah menyepelekan waktu belajar. Jika tahun ajaran 2024/2025 kamu berencana memilih jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT), jangan pernah menunda-nunda belajar hingga waktu UTBK SNBT dekat.

Persiapan yang matang membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga belajarlah mulai dari sekarang.

3. Kurang latihan soal

Dari tiga jalur masuk ke PTN, hanya jalur SNBP yang bisa dipilih calon mahasiswa tanpa mengikuti tes. Namun siswa yang bisa lolos masuk PTN lewat jalur SNBP adalah siswa-siswa terpilih dan berprestasi selama duduk di bangku SMA sederajat.

Sedangkan jalur UTBK SNBT maupun beberapa jalur mandiri tetap mengharuskan siswa mengikuti ujian. Sehingga saat duduk di bangku kelas 12, kamu wajib memperbanyak latihan soal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com