Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Penggabungan PTS Dibuka, Ada Bantuan Dana Rp 100 Juta

Kompas.com - 15/08/2023, 15:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sedang membuka pendaftaran program Akselerasi Program Penggabungan dan Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPP-PTS).

Dilansir dari laman Instagram Ditjen Diktiristek, Selasa (15/8/2023), memberitahukan program ini bertujuan untuk merasionalkan jumlah perguruan tinggi dan meningkatkan mutu kelembagaan perguruan tinggi.

Baca juga: Ada Toilet Gender Netral di Salah Satu Sekolah Internasional, Kemendikbud Buka Suara

Dengan begitu bisa mendorong kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Program ini dapat diikuti:

1. Badan Penyelenggara PTS yang akan menjadi badan penyelenggara PTS akademik yang baru hasil penggabungan.

2. Badan Penyelenggara PTS Akademik hasil penyatuan di bawah binaan kemendikbud Ristek.

Batas pendaftaran dan unggahan program APPP-PTS ini sampai dengan 16 Agustus 2023. Adapun informasi lengkap program penyatuan dan penggabungan PTS ini bisa dilihat dari laman https://siaga.kemdikbud.go.id/.

Bagi proposal pendaftaran yang telah lolos seleksi dan mendapatkan bantuan pendanaan APPP-PTS ini tidak secara langsung mendapatkan persetujuan penggabungan.

Usulan penggabungan PTS tetap akan diproses sesuai dengan ketentuan berlaku.

Besaran dana yang dapat diusulkan didasarkan pada jumlah PTS yang terlibat dalam penggabungan atau penyatuan maksimum sebesar Rp 100 juta per PTS yang terlibat.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan di Yogyakarta, Mulai dari AAU hingga STPN

Penggabungan PTS biar jadi lebih besar dan mutunya meningkat

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam mengatakan, tujuan penggabungan kampus ini, agar PTS yang terlalu kecil dan tidak bisa tumbuh bisa jadi lebih besar.

"Pada akhirnya, jika digabungkan akan membuat mutu dari kampus yang digabungkan itu jadi lebih meningkat," ujar dia kepada Kompas.com.

Jikalau mutu sudah meningkat, sebut dia, banyak mahasiswa yang akan tertarik masuk.

"Ketika PTS sudah gabung, mutu meningkat, banyak mahasiswa yang masuk, maka PTS itu saya yakin akan jadi besar dan maju," tegas dia.

Tak lupa, kualitas kampus yang digabungkan itu bisa lebih meningkat. Karena ada visi dan misi dari banyak pihak yang digabungkan.

Baca juga: Penggabungan PTS, Kemendikbud: agar Aset Besar dan Mutu Jadi Tinggi

"PTS itu bisa jadi sedang dan membesar, kualitas juga diharapkan bisa meningkat, seperti PTS yang ada saat ini," ucap Prof. Nizam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com