Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Masuk Monash University? Kemampuan Ini yang Harus Dimiliki

Kompas.com - 04/08/2023, 18:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Monash University menjadi banyak pilihan masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah Magister (S2).

Monash University merupakan salah satu kampus terbesar di Australia. Kampus ini juga menempati posisi atas dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca juga: Kerja Sama LPDP-Kemendikbud, Nadiem: Dirasakan 310.000 Mahasiswa

Biasanya banyak beasiswa yang dikeluarkan untuk bisa kuliah di Monash University, salah satunya program Australia Awards Indonesia Nusantara yang dikeluarkan Kedutaan Besar Australia di Indonesia.

Beasiswa ini diumumkan bersama oleh Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Australia pada Pertemuan Pemimpin Tahunan Australia-Indonesia pada 4 Juli 2023.

Ada 10 beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara yang akan diberikan kepada para calon pemimpin Indonesia untuk menempuh studi pascasarjana penuh waktu di Monash University, Indonesia yang akan dimulai pada Oktober 2023.

Selain beasiswa itu, ada beasiswa LPDP dan lainnya agar bisa kuliah di Monash University dengan biaya yang tak membebani siswa.

Menurut COO Monash University Indonesia Tantia Dian Permata Indah, persyaratan masuk Monash University hampir sama di seluruh negara, termasuk kampus yang ada di Indonesia.

"Sebagai salah satu contoh persyaratan Bahasa Inggris, minimal IELTS harus 6,5, karena pendidikan semuanya 100 persen dalam Bahasa Inggris," kata Tantia pada acara Inaugural Master Graduation Ceremony Monash University di Fairmont Hotel, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Dia juga menyatakan, bagi yang berminat kuliah di Monash University harus mempunyai pengalaman kerja untuk beberapa jurusan.

Adapun setiap jurusan mempunyai kriteria berbeda yang harus dimiliki calon mahasiswa.

"Jadi itu penting, karena di saat mereka masuk tidak kaget, karena memang tingkat kesulitannya sama di seluruh dunia," tegas dia.

Baca juga: LPDP Punya Dana Rp 139 Triliun, Jokowi: Kampus Dunia Tawarkan Diri ke Indonesia

Persaingan kuliah di Monash University, lanjut dia, sangat ketat. Maka dari itu, kamu harus memiliki kemampuan yang tinggi dan percaya diri, agar bisa tembus.

Monash University ada di Indonesia

Monash University Indonesia menerima surat izin beroperasi dari Kemendikbud Ristek di akhir 2020.

Hal itu sekaligus mengumumkan status badan hukum resminya untuk beroperasi sebagai perguruan tinggi asing pertama yang memiliki kampus di Indonesia.

Mendikbud Nadiem Makarim menyambut baik langkah pendirian kampus Monash University di Indonesia. Langkah itu juga memberikan dampak yang baik bagi penguatan sistem pendidikan di Indonesia.

"Kehadiran Monash merupakan dukungan sekaligus bentuk akselerasi terhadap terhadap pendidikan di Indonesia. Hal ini juga menjadi perwujudan eratnya hubungan Indonesia-Australia dalam lingkup sosial, ekonomi dan teknologi," ungkap Nadiem.

Yayasan Monash University Indonesia atau Monash Indonesia akan menjadi kampus pascasarjana yang berfokus pada penelitian dan memiliki jaringan hubungan industri.

Baca juga: Ini Kriteria Peserta yang Bisa Lolos Beasiswa Chevening

Program yang ditawarkan adalah jenjang pendidikan S2 (Magister) dan S3 (Doktor), serta program eksekutif dan sertifikasi keahlian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com