Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Keceriaan Pesta Siaga di Muspusdirla yang Diikuti 700 Anggota Pramuka

Kompas.com - 16/07/2023, 10:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 700 anggota Pramuka Siaga ikut kegiatan yang seru dan menarik di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Sabtu (15/7/2023).

Pasalnya, anggota pramuka siaga yang rata-rata masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) tersebut diajak untuk lebih dekat dengan dunia kedirgantaraan.

Terlebih dikenalkan dengan sejarah dan tokoh TNI Angkata Udara, termasuk pesawat terbang yang pernah digunakan dalam mempertahankan dan menjaga dirgantara Indonesia.

Adapun Pesta Siaga yang diikuti ratusan pramuka siaga tersebut diikuti dari 43 SD se-Kepanewon (Kecamatan) Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Liburan di Yogya? Kunjungi Muspusdirla, Tempat Belajar dan Mengenal Dunia Dirgantara

Menurut Ketua Pelaksana Pesta Siaga, Kak Eti Kurniawati, Pesta Siaga Kwartir Ranting 120407 diikuti 700 Pramuka Siaga dari 43 Sekolah Dasar se-Kapanewon Depok.

Tentu dipilihnya Muspusdirla Yogyakarta sebagai tempat Pesta Siaga tersebut agar para peserta Pesta Siaga mengenal lebih dekat dengan dunia kedirgantaraan.

"Beberapa alasan mengapa Muspusdirla dipilih sebagai tempat digelarnya Pesta Siaga. Selain tempatnya luas, juga untuk mengenalkan dan mendekatkan para peserta akan sejarah dan tokoh TNI Angkata Udara, termasuk pesawat terbang," kata dia.

Tak hanya itu saja, menurut Kak Eti, pelaksanaan Pesta Siaga juga untuk menumbuhkan semangat berkreasi.

Hal ini tentu selaras dengan tema yang diangkat pada Pesta Siaga tersebut, yaitu Ceria, Tangguh dan Berbudaya.

Selama kegiatan, para peserta diajak tur melihat aneka koleksi Muspusdirla Yogyakarta. Tentu ada banyak pertanyaan yang disampaikan semua seputar pesawat terbang.

Selain itu, guna menambah memeriahnya Pesta Siaga, beberapa permainan digelar seperti Pesan Berantai, Lempar Bola, Kepahlawanan dan Lagu Daerah.

Sementara Kepala Muspusdirla Yogyakarta, Kolonel Sus Yuto Nugroho mengapresiasi pelaksanaan Pesta Siaga yang digelar di Muspusdirla.

"Semoga Pesta Siaga tidak hanya menciptakan suasana ceria namun juga menjadi sarana untuk menambah pengetahuan tentang TNI Angkatan Udara," harapnya.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Puji Muspusdirla, Museum yang Luar Biasa

Tidak hanya itu saja, peserta yang juga penerus bangsa ini diharapkan bisa meneladani perjuangan para pendahulu yakni mengisi kemerdekaan dengan menjadi pribadi yang pintar, tangguh dan unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com