Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Muspusdirla, Siswa Dikmapa TNI Diharapkan Isi Kemerdekaan dengan Berprestasi

Kompas.com - 11/07/2023, 13:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mengisi kemerdekaan Republik Indonesia bisa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berprestasi yang membanggakan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI TA. 2023 ini.

Sebanyak 350 siswa Dikmapa PK berkunjung ke salah satu museum kebanggaan TNI Angkatan Udara yakni Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Selasa (11/7/2023).

Adapun Kunjungan ke Muspusdirla diikuti 350 siswa Dikmapa PK TNI yang terdiri dari 136 TNI Angkatan Darat, 136 TNI Angkatan Laut dan 78 TNI Angkatan Udara.

Baca juga: Kunjungi Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto, Rombongan RAF Mampir ke Muspusdirla

Kepala Muspusdirla Yogyakarta Kolonel Sus Yuto Nugroho menerima langsung kunjungan rombongan siswa Dikmapa PK TNI tersebut.

Tentu, Kolonel Yuto mengucapkan terima kasih, karena siswa Dikmapa PK TNI mengunjungi Muspusdirla.

Menurutnya, mengunjungi museum sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," ucap Kolonel Yuto.

Tak hanya itu saja, ia juga mengatakan, Muspusdirla memiliki ribuan koleksi yang masing-masing memiliki cerita yang membanggakan. Cerita kegagahan para pendahulu bangsa dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Baca juga: Liburan di Yogya? Kunjungi Muspusdirla, Tempat Belajar dan Mengenal Dunia Dirgantara

"Bagi para siswa, cara terbaik untuk menghargai jasa para pendahulu bangsa yakni dengan mengisi kemerdekaan melalui prestasi yang membanggakan," pesan Kolonel Yuto.

Di samping itu, ia juga mengajak pada seluruh siswa untuk terus belajar dan berlatih agar menjadi prajurit yang tangguh.

Salah satunya bekerja dengan sungguh-sungguh dalam kedinasan kelak, sebagai wujud pengabdian terbaik kepada satuan, TNI maupun negara.

Di hadapan para siswa, Kolonel Yuto juga mengingatkan pentingnya menjaga kerja sama dan sinergitas Tri Matra TNI.

"Tidak ada satupun negara di dunia yang bisa membangun bangsanya di atas puing-puing persatuan. Untuk itu, para siswa harus saling kerja sama agar sinergitas Tri Matra TNI tetap kuat dalam menjaga NKRI," tegas dia.

Sementara Komandan Sekolah Pa PK, Kolonel Inf. Jarot Edy Purwanto mengatakan bahwa kunjungan siswa Dikmapa PK TNI ke Muspusdirla dalam rangka program latihan Tri Matra Eka Bhakti.

Baca juga: Siswa Setukpa TNI-Polri Kunjungi Muspusdirla, Serap Semangat Perjuangan Pendahulu

"Kunjungan ke Muspusdirla merupakan pelaksanaan program latihan Tri Matra Eka Bhakti di samping untuk meneladani semangat para pendahulu bangsa," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com