Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Setukpa TNI-Polri Kunjungi Muspusdirla, Serap Semangat Perjuangan Pendahulu

Kompas.com - 19/05/2023, 11:04 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 61 Siswa Diklat Integrasi Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI-Polri TA. 2023 berkunjung ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Jumat (19/5/2023).

Tujuannya tak lain ingin belajar dan mengenal sejarah perjuangan para pendahulu dari matra TNI Angkatan Udara.

Selain itu, siswa juga dapat menyerap semangat perjuangan lantaran bisa melihat secara langsung koleksi yang ada di Muspusdirla Yogyakarta.

Bahkan Kepala Muspusdirla Yogyakarta Kolonel Sus Yuto Nugroho menyatakan bahwa sinergitas TNI dan Polri dapat terjalin dengan baik.

Baca juga: Liburan di Yogya? Kunjungi Muspusdirla, Tempat Belajar dan Mengenal Dunia Dirgantara

Untuk itu perlu dipertahankan dengan baik, terutama dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Sinergitas TNI-Polri yang sudah terjalin sangat baik ini harus terus dipertahankan sehingga semakin solid dan kuat dalam menjaga keutuhan NKRI," tegas Kolonel Yuto.

Tentu ia mengaku senang lantaran Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala menjadi tujuan kunjungan Widya Wisata Siswa Setukpa.

Harapannya para siswa sebagai generasi penerus dapat menyerap semangat perjuangan, sikap toleransi dan kerja sama yang diteladankan para pendahulu bangsa melalui berbagai koleksi yang dipamerkan.

"Serap semangat perjuangan, sikap toleransi dan kerja sama sebagai perekat untuk memperkuat kualitas sinergitas juga sebagai bekal pengabdian di kedinasan," terang Kepala Muspusdirla Yogyakarta.

Sementara Komandan Sekolah Pembentukan Perwira Kolonel Pnb. Sonny Irawan, SE., M.M., mengungkapkan, rombongan Widya Wisata Siswa Diklat Integrasi Setukpa TNI-Polri TA. 2023 diikuti 61 orang.

Adapun jumlah itu terdiri dari 31 siswa Setukpa TNI AU Angkatan ke-28 dan 30 siswa Setukpa Polri.

Baca juga: Belajar di Muspusdirla, Taruna AAU Serap Semangat Pendahulu TNI AU

"Widya wisata ke Muspusdirla bertujuan untuk mengenalkan sejarah dan perjuangan Matra Udara kepada siswa Setukpa, khususnya siswa dari Polri," kata dia.

"Harapannya integrasi siswa dapat memperkuat sinergitas yang menjadi kekuatan dalam menjaga kedaulatan bangsa," tandas Kolonel Pnb. Sonny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com