Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Ma'ruf Amin Puji Muspusdirla, Museum yang Luar Biasa

Kompas.com - 10/12/2022, 20:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai salah satu tempat wisata edukasi di Jogja, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta selalu ramai pengunjung.

Tak hanya siswa atau masyarakat lokal, banyak pula yang datang dari luar daerah untuk mengunjungi objek wisata yang dikenal sebagai museum pesawat terbang tersebut.

Bahkan, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga berkunjung ke Mupusdirla Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Wapres Ma'ruf Amin dengan didampingi Kepala Muspusdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho serta Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Azhar Aditama berkeliling untuk melihat koleksi di museum tersebut.

Baca juga: Menilik Kisah Toleransi Korban Pesawat Dakota VT-CLA, Penting Diketahui Generasi Muda

Pada sesi foto bersama, Wapres memberikan pujian terhadap Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

"Museumnya bagus dan luar biasa. Halamannya luas dan bersih," puji Wapres RI.

Saat memandu Wapres Ma'ruf Amin, Kolonel Yuto mengatakan bahwa museumnya dengan koleksi-koleksi yang ada ialah menggambarkan perjuangan para pendahulu dalam rangka menjaga NKRI.

Menurut Kolonel Yuto, ada ribuan koleksi, termasuk 61 pesawat terbang produksi dari berbagai negara yang di masa terbangnya dahulu digunakan Angkatan Udara untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjaga wilayah NKRI.

"Muspusdirla juga dikenal dengan sebutan Museum Pesawat Terbang, karena memiliki 61 unit pesawat, yang semuanya punya cerita sendiri-sendiri dalam menjaga NKRI," terang Kolonel Yuto Nugroho.

Pada kesempatan itu, Kolonel Yuto juga menunjukkan pesawat Helikopter Hiller-360 UH. Adapun helikopter itu menjadi helikopter pertama yang dimiliki Indonesia.

Bahkan Helikopter Hiller-360 UH merupakan pesawat Kepresidenan, yang dulu pernah digunakan Presiden Soekarno.

Tak hanya itu saja, Presiden Soekarno juga tercatat sebagai presiden pertama di dunia yang memiliki helikopter kepresidenan.

Baca juga: Kunjungi Muspusdirla, Anggota Paskibra Kebumen Ini Ingin Jadi Pilot TNI AU

Presiden Soekarno juga merupakan presiden pertama yang pernah naik pesawat helikopter. Sementara Ibu Fatmawati menjadi first lady pertama dunia yang merasakan terbang dengan helikopter.

"Sedangkan Presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower baru mempunyai helikopter kepresidenan enam tahun kemudian," jelas Kepala Muspusdirla Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com