Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi PPKn FIS UNJ Gelar PPM di Desa Wisata Edukasi Cisaat Subang Gali Potensi Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 12/06/2023, 10:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (Prodi PPKn FIS UNJ) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Desa Wisata Edukasi Cisaat, Subang, Jawa Barat pada 9–10 Juni 2023.

Kegiatan PPM dilaksanakan dalam beragam bentuk, dari sosialisasi, pendampingan dan pemaparan.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan secara terintegrasi oleh enam dosen Prodi PPKn FIS UNJ yang masing-masing menjadi Ketua PPM pada kegiatan berbeda di Desa Cisaat.

Keenam dosen Prodi PPKn FIS UNJ ini, terdiri dari: Prof. Tjipto Sumadi, Prof. Sarkadi, Fauzi Abdillah, Dwi Afrimetty Timoera, Iqbal Syafrudin, dan Asep Rudi Casmana. Masing-masing keenam dosen tersebut merupakan Ketua Tim PPM yang melaksanakan kegiatan pemberdayaan berbeda untuk masyarakat Desa Cisaat.

Kegiatan PPM turut melibatkan 15 mahasiswa Prodi PPKn FIS UNJ. Selain itu juga PPM ini mengikutsertakan berbagai elemen masyarakat Desa Cisaat, mulai para pemuda, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), para pengelola homestay, tokoh masyarakat dan aparatur Desa Cisaat.

Prof. Sarkadi yang juga Dekan FIS UNJ dan Guru Besar Prodi PPKn FIS UNJ memberi pendampingan dan pemaparan cara pengajuan proposal kegiatan ke instansi pemerintah maupun swasta untuk menyukseskan event akbar yang berpotensi mendatangkan kebermanfaatan lebih besar bagi masyarakat Desa Cisaat.

Lalu Prof. Tjipto Sumadi membuat Gapura Bhinneka Tunggal Ika sebagai simbol dan sekaligus internalisasi nilai persatuan dalam perbedaan yang ada pada masyarakat di Desa Cisaat.

Sementara Fauzi Abdillah melakukan sosialisasi mengenai “Buku Saku Wisata Edukasi” yang berisi informasi yang bermanfaat bagi pengelola guest house di Desa Cisaat.

Informasi tersebut meliputi Peta Desa Wisata Cisaat, Sepintas Tentang Cisaat, Subang Jawa Barat, Profil Desa Wisata Cisaat, Obyek Wisata sekitar (Wisata Keagamaan, Wisata Olahraga, dan Wisata Kebudayaan), Info tentang Penginapan, dan Produk Unggulan Desa Wisata Cisaat.

Lalu Dwi Afrimetty Timoera melakukan sosialisasi dan memberikan buku saku mengenai “Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual”. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Cisaat tentang kekerasan seksual.

Baca juga: Masuk 75 Besar ADWI 2023, Menteri Sandiaga Kunjungi Desa Wisata Sidowarno

Kemudian, Iqbal Syafrudin melakukan sosialisasi “Partisipasi Politik Masyarakat Untuk Pemilu 2024”. Partisipasi masyarakat terhadap politik dipandang perlu mengingat tahun depan akan melaksanakan pemilihan umum, maka diperlukan pemahaman terhadap politik dan dapat menyikapinya dengan bijak.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com