Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buah Penurun Darah Tinggi, Info Ners Unair

Kompas.com - 28/05/2023, 09:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Ners Unair

KOMPAS.com - Bagi para penderita darah tinggi atau hipertensi, selain obat juga bisa mengonsumsi buah penurun darah tinggi.

Tentu ini menjadi salah satu upaya dalam menerapkan pola makan yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang sehat.

Adapun asupan makanan berperan penting dalam pengendalian tekanan darah. Penderita hipertensi umumnya dianjurkan untuk mengurangi asupan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi buah penurun darah tinggi yang kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium.

Baca juga: 8 Jenis Makanan Penambah Darah, Info Ners Unair

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair), berikut ini daftar 5 buah penurun darah tinggi yang bisa dicoba.

Buah penurun darah tinggi

1. Semangka

Buah ini dikenal oleh masyarakat sebagai buah penurun darah tinggi. Sebab, semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

2. Pisang

Buah lainnya ialah pisang. Ini adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi.

Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

3. Kiwi

Buah kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

4. Anggur

Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

5. Delima

Ada penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah).

Hanya saja, belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Ners Unair

Jadi itulah beberapa buah penurun darah tinggi yang bisa dicoba bagi para penderita hipertensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com