Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Info Ners Unair

Kompas.com - 16/10/2022, 13:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Ners Unair

KOMPAS.com - Saat musim hujan, kesehatan diri harus dijaga dengan baik. Tentu harapannya bisa terhindar dari segala macam penyakit.

Karenanya, perlu cara menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi semua harus dilakukan dengan konsisten dan menjadi suatu kebiasaan baik.

Bagaimana caranya? Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini tips menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa tips, salah satunya bisa dimulai dari hal kecil seperti istirahat cukup dan berolahraga secara teratur.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

Tips menjaga kesehatan tubuh

1. Rutin berolahraga

Cara menjaga kesehatan tubuh yang pertama yakni tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita.

Seperti penyakit stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker.

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Jika ingin sehat, maka Anda harus mengonsumsi makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, bisa didapat dari nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Selain itu bisa mengonsumsi aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

3. Jaga berat badan ideal

Jika kelebihan berat badan tentu dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, juga rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Halaman:
Sumber Ners Unair


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com