Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Beasiswa Generasi Teknologi" Dorong Percepatan SDM Unggul Daerah

Kompas.com - 27/05/2023, 19:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melalui program Beasiswa Generasi Teknologi melanjutkan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, yaitu Program Gerbang Cerdas Mahulu.

Seleksi awal penerimaan Beasiswa Generasi Teknologi Ukrida berlangsung 17 Mei 2023 di SMP Negeri I Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu.

Sejumlah 65 orang siswa SMA dan sederajat mengikuti seleksi secara ketat, meliputi ujian tertulis dan wawancara, untuk melihat kemampuan kognitif siswa, soft skill, serta minat dan bakat.

Dari proses seleksi hingga tahap wawancara pada 19 Mei 2023 di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu, 11 orang siswa dari beberapa SMA dinyatakan lulus mengikuti perkuliahan di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Ukrida.

Kesebelas siswa berasal dari beberapa SMA yakni SMA Negeri I Long Bagun, SMA Negeri I Long Hubung, SMA Negeri I Samarinda, SMA Awang Long, SMA Negeri II Sendawar, dan SMA Unggulan Amanatul Ummah.

Kesebelas siswa yang lulus seleksi Beasiswa Generasi Teknologi ini difokuskan ke program studi sesuai minat, bakat, dan kemampuan mereka, yaitu Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Industri, Informatika, dan Sistem Informasi.

Dekan FTIK Ukrida, Oki Sunardi menyampaikan, program Beasiswa Generasi Teknologi 2023 ini merupakan kelanjutan program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri 2022.

Kerja sama antara Ukrida, yang dalam hal ini oleh FTIK, dengan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur melalui programnya, yaitu Gerbang Cerdas Mahulu, diwakili oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu.

Misi utama program beasiswa ini menurut Oki Sunardi adalah memberi kesempatan kepada calon-calon sarjana dari Kabupaten Mahakam Ulu untuk menjalani proses pendidikan di bidang Teknik dan Ilmu Komputer guna percepatan pembangunan di daerah.

“Beasiswa Generasi Teknologi 2023 ini diharapkan menjadi langkah awal bagi putera-puteri daerah Mahakam Ulu untuk berani dan mau mengembangkan potensi diri melalui Pendidikan berkualitas di Ukrida,” demikian lanjut Dekan FTIK Ukrida.

Baca juga: 4 Beasiswa 2023 yang Masih Dibuka, Lulusan SMA Bisa Segera Daftar

 

Ikut serta sebagai tim Ukrida untuk seleksi program Beasiswa Generasi Teknologi 2023, Hans Dermawan (Ketua Prodi Teknik Sipil), Martogi Daniel Hutapea (Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa), Yoshua Henky Bureni dan Jonathan Rizky Aditya (Staf Unit Admisi).

Kembali untuk membangun daerah

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com