Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2023, 10:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) telah mengumumkan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang perlu dibayarkan mahasiswa pada setiap semester.

USU menerima mahasiswa melalui beberapa jalur, salah satunya jalur mandiri 2023. Besaran UKT yang akan didapatkan mahasiswa ditentukan melalui dokumen-dokumen yang diberikan mahasiswa kepada perguruan tinggi saat daftar ulang.

Selain UKT, mahasiswa juga perlu membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan sekali selama masa studi.

Baca juga: Segini Biaya Kuliah UMN di 13 Jurusan, Calon Mahasiswa Cek

Melansir melalui website USU, berikut besaran UKT dan SPI jalur Mandiri tahun 2023 pada masing-masing jurusan yang dimiliki USU.

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI):

  • Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi: Rp 75.000.000.
  • Fakultas Hukum, Pertanian, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, dan Kehutanan: Rp 15.000.000.

Baca juga: Biaya Kuliah IPB 2023 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

Uang Kuliah Tunggal (UKT):

  • Program Studi Pendidikan Dokter: Rp 32.500.000.
  • Program Studi Pendidikan Dokter Gigi: Rp 30.000.000.
  • Program Studi Kewirausahaan, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan: Rp 10.000.000.
  • Program Studi Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi: Rp 9.500.000.

Baca juga: Biaya Kuliah Unair Jalur Mandiri 2023 untuk 43 Program Studi S1

  • Program Studi Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Keteknikan Pertanian, Manajemen Sumber Daya Perairan, Peternakan, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Kesehatan Masyarakat, Gizi, dan Kehutanan: Rp 9.000.000.
  • Program Studi Ilmu Hukum, Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sosiologi, dan Psikologi: Rp 8.500.000.
  • Program Studi Etnomusikologi, Perpustakaan dan Sains Informasi, Ilmu Sejarah, Sastra Arab, Sastra Batak, Bahasa Mandarin, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Melayu: Rp 8.000.000.

Baca juga: Biaya Kuliah UGM 2023 Jalur SNBT dan Mandiri

Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui website https://penerimaan.usu.ac.id/smm/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com