Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Damia Safira, Lolos SNBP Universitas Brawijaya di Usia 16 Tahun

Kompas.com - 10/04/2023, 16:25 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Damia Safira Ghassani merupakan salah satu siswa yang lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di usia 16 tahun.

Damia menjadi peserta termuda di jalur SNBP 2023 dan diterima di Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya.

“Alasannya karena UB dan Teknik Industri-nya telah terakreditasi unggul serta terbukti berkualitas, pun lokasinya yang strategis di Malang," ujar Damia dilansir dari laman UB.

Baca juga: Kisah Hatta, Siswa SMA Raih Medali Olimpiade Ekonomi Lawan 66 Negara

Siswa asal Sidoarjo ini mengungkapkan bagaimana ia bisa memasuki bangku perkuliahan di usianya tergolong muda.

“Sewaktu di bangku SMP dan SMA, saya mengikuti program akselerasi. Jadi bisa lulus SMP dan SMA masing-masing selama 2 tahun. Dan selama 2 tahun itu ia fokuskan nilai-nilainya untuk bisa memasuki PTN impian," jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa dengan lolosnya dia di SNBP Universitas Brawijaya, ia dapat memberikan dampak positif bagi adik kelasnya untuk bisa membuka kesempatan serta tidak perlu lagi mengkhawatirkan pendidikan setelah SMA.

Kepada sesama peserta seleksi nasional maupun seleksi mandiri, Damia berpesan untuk tidak menyerah.

“Tetap percaya bahwa rencana Tuhan adalah yang terbaik bagi kita dengan diiringi usaha serta doa, sehingga ketidaklolosan kalian di SNBP maupun di penyeleksian perguruan tinggi lain bukan merupakan akhir dari segalanya”, pungkasnya.

Baca juga: Kisah Guru Nofri, Rela Tempuh 40 Jam Perjalanan demi Berbagi Ilmu

Di tahun 2023, Universitas Brawijaya menerima sebanyak 5.380 calon mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, dari 26.487 pendaftar. Jumlah ini menjadikan UB sebagai perguruan tinggi dengan pendaftar dan penerima peserta terbanyak pertama se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com