Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Raih Peringkat 9 Kampus Islam Terbaik Dunia versi 4ICU

Kompas.com - 11/03/2023, 13:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih peringkat sembilan kampus Islam terbaik dunia dan peringkat pertama di Indonesia versi 4ICU.

Sebagai informasi indikator pemeringkatan dan penilaian 4 International Colleges & Universities (4ICU) didasarkan pada kepopuleran situs yang dimiliki 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Komponen penilaian digunakan 4ICU terdiri atas Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.

Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro melalui rilis resmi (11/3/2023) menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas pencapaian yang luar biasa Uhamka.

Ia menambahkan, berbagai prestasi ini berhasil dicapai berkat kerja sama, kerja keras, dan kerja cerdas keluarga besar Uhamka.

“Alhamdulillah tentu kami bersyukur bahwa Uhamka telah membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat kesembilan sebagai kampus Islam terbaik sedunia, dan peringkat pertama kampus Islam terbaik Indonesia yang terdaftar dalam data versi 4ICU tahun 2023,” ungkap Prof Gunawan.

Sebelumnyapada tahun 2022 Uhamka meraih peringkat ke-22 universitas Islam terbaik dunia, tahun 2023 ini Uhamka melejit sebagai universitas Islam terbaik pertama di Indonesia dan peringkat kesembilan dunia.

"Hal ini tentu menjadi capaian yang luar biasa sebagai kampus swasta milik organisasi Islam terbesar dunia yakni Muhammadiyah," tambah Rektor Uhamka.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih peringkat sembilan kampus Islam terbaik dunia dan peringkat pertama di Indonesia versi 4ICU.DOK. UHAMKA Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih peringkat sembilan kampus Islam terbaik dunia dan peringkat pertama di Indonesia versi 4ICU.

Prof Gunawan berharap, melalui pencapaian prestasi Uhamka yang tiada hentinya ini tidak membuat keluarga besar Uhamka berpuas diri.

"Karena dalam mempertahakan prestasi yang sudah diraih tidak mudah dan butuh kerja keras lebih untuk meningkatkan prestasi-prestasi lainnya," pesannya.

“Saya berharap dengan raihan peringkat yang signifikan ini serta akreditas yang telah unggul dapat menjadikan Uhamka terus berkomitmen untuk lebih maju dengan merealisasikan visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University 2024 dan Prophetic Entrepreneurial University 2045,” tambah Prof Gunawan.

Baca juga: Gapai Akreditasi Unggul, UI Komitmen Capai Peringkat 5 Asia Tenggara

Rektor Uhamka juga menyampaikan, “saat ini Uhamka sebagai Amal Usaha milik Muhammadiyah sedang melakukan internasionalisasi kampus. Hal ini sejalan dengan visi Muhammadiyah dalam mencerahkan semesta."

"Gerakan dan dakwah yang dibangun harus menyentuh kancah dunia, dan kami yang bergerak di bidang pendidikan akan ikut serta dalam visi yang sudah dicanangkan PP Muhammadiyah,” tutup Prof Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com