Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Asia, UGM Peringkat 56 Kampus Terbaik Versi QS AUR 2023

Kompas.com - 16/11/2022, 09:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali naik peringkat dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds Asia University Ranking (QS AUR) 2023.

Dalam rilis yang dikeluarkan QS AUR 2023 pada 8 November 2022, tercatat UGM berada di peringkat 56 kampus terbaik di Asia, naik 3 peringkat dari tahun lalu yang ada di posisi 59.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

"Pada QS AUR 2023 UGM berhasil naik di peringkat 56 Asia. Sementara di Asia Tenggara UGM berada di peringkat 12," ucap Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Indra menjelaskan, pada QS AUR 2023 ini, UGM berhasil menjadi bagian dari 8 persen teratas di QS AUR. Tahun ini ada 760 perguruan tinggi di Asia yang mendapatkan penilaian.

Metodologi penilaian berdasar pada 11 indikator yaitu academic reputation, employer reputation, faculty student, staff with PhD, citations per paper, dan papers per faculty.

Berikutnya, international research network, international faculty, international students, inbound exchange, serta outbound exchange.

Dari indikator tersebut, academic reputation menjadi indikator yang paling kuat pada peringkat 39.

Lalu, disusul employer reputation di peringkat 47, international faculty di peringkat 56, dan inbound exchange di peringkat 69.

Lanjut Indra menyampaikan, UGM pada masa depan terus mendorong peningkatan pada sejumlah indikator lainnya.

Misalnya, pada indikator Staff with PhD, untuk meningkatkan dosen berpendidikan doktor, UGM mengirimkan dosen untuk studi lanjut ke luar negeri dan rekrutmen dosen diarahkan pada yang telah menempuh pendidikan jenjang S3.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2023, Ada 2 PTS

Kemudian pada indikator Citations per Papper dan Papers per Faculty, UGM berusaha meningkatkan publikasi dan sitasi para dosennya.

"UGM berkomitmen untuk terus berusaha meningkatakan visibilitas reputasi di level dunia dengan memperbaiki input dan proses pembelajaran," tutur dia.

Selain naik peringkat di QS AUR, UGM berhasil berada di peringkat 281-300 dalam pemeringkatan QS Sustainability yang dirilis pada 26 Oktober 2022.

Penilaian dilakukan pada 700 perguruan tinggi dari 71 negara.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Sementara ada dua perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk perangkingan QS Sustainability yakni UGM dan UI berada di peringkat yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com