Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Gelar Kongres Nasional Ke-3

Kompas.com - 11/03/2023, 10:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) menyelenggarakan Kongres Nasional ke–3 pada 9-11 Maret 2023 di Universitas Yarsi Jakarta. Pada kegiatan ini juga, Rumah Sakit Yarsi menjadi official medical partner dalam Kongres Nasional AMKI ke–3 Tahun 2023.

Kegiatan yang dilakukan secara hibrid, baik daring maupun luring dihadiri oleh perwakilan pengurus maupun anggota AMKI se-Indonesia. Ada 148 perwakilan perguruan tinggi se-Indonesia hadir secara daring pada Kongres Nasional AMKI tahun ini.

Kongres Nasional AMKI ke–3 tahun 2023 mengangkat tema “Revitalisasi Masjid Kampus untuk Merekat Kesatuan Bangsa dan Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045”.

Selain kegiatan utama Kongres Nasional AMKI ke–3, pada hari pertama (9/3/23) diisi penyampaian materi oleh Amirsyah Tambunan, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia dengan tema “Merajut Ukhuwah MUI dan AMKI dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Pada hari kedua (10/3/23), Dato’ Seri Haji Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia menyampaikan sambutan dalam Kongres Nasional AMKI ke–3.

Pada kesempatan sama, Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Lukman membuka acara kongres dan sekaligus menyampaikan materi mengenai “Pemanfaatan Information and Technology dalam Reaktualisasi peran Masjid Kampus”.

Pada hari kedua ini juga turut diinisiasi “Pendirian Rumah Amal AMKI” yang disampaikan Mipi Ananta dan Agis Nurholis selaku pemateri utama dan pembentukan dan AMKI Muda.

Pada Kongres Nasional AMKI ke–3 ini juga terpilih kembali secara aklamasi Prof. Hermawan Kresno Dipojono sebagai Ketua Umum PP AMKI untuk periode 2023–2027.

Lalu di hari terakhir (11/3/23) Kongres Nasional AMKI selain kegiatan Laporan dan Pengesahan Hasil Sidang Komisi dan Program AMKI Muda serta Pidato Ketua Umum AMKI 2023–2027 terpilih.

Baca juga: Cek Daftar Kampus Milik Kementerian, Tidak Kalah Keren dari PTN

Prof. Jimly Asshiddiqie selaku Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI dan juga Guru Besar Universitas Indonesia bertema “Masjid Kampus sebagai Pembangun Bibit Unggul Generasi Emas 2045”.

Pada kesempatan ini juga Prof. Jimly Asshiddiqie menutup Kongres Nasional AMKI ke–3 secara resmi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com