Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Itera Inovasi Teh Alami dari Rambut Jagung, Ini Cara Buatnya

Kompas.com - 22/01/2023, 18:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu dosen dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) apt. Refsya Azanti Putri, M.S.Farm., membuat inovasi menarik yakni teh alami dari rambut jagung.

Salah satu produk antioksidan itu juga dapat dibuat sendiri oleh masyarakat. Karena bahan bakunya berasal dari limbah pertanian tanaman jagung.

Refsya yang juga dosen Prodi Farmasi itu mengajak masyarakat desa untuk memanfaatkan limbah pertanian tanaman jagung, khususnya rambut jagung untuk dijadikan teh.

Adapun dipilihnya bahan baku rambut jagung karena Provinsi Lampung merupakan salah satu sentra produksi jagung terbesar di Indonesia dengan total produksi mencapai 5,3 ton per hektar.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Terapi Rehabilitasi lewat Metaverse

Dalam hal tersebut, ternyata limbah tanaman jagung yaitu rambut jagung berkhasiat sebagai suplemen herbal dan bernilai ekonomis.

Menurutnya, rambut jagung mengandung polifenol, flavonoid, dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Selain itu, teh rambut jagung bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah normal, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu mengatasi kelelahan, dan memperbaiki mood.

"Teh rambut jagung ini dapat dijadikan sebagai produk herbal yang berkhasiat untuk kesehatan dan juga memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat Desa Batuliman Indah," ujar dia dikutip dari laman Itera, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan sosialisasi dilakukan di Desa Batuliman Indah, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, beberapa waktu lalu.

Cara pembuatan teh rambut jagung

Untuk cara pembuatannya yakni dengan:

1. Mengumpulkan rambut jagung, dan dipisahkan dari kotoran atau rambut jagung yang sudah busuk atau tidak segar.

2. Rambut dicuci dengan air mengalir dan keringkan di bawah sinar matahari selama 2 hari.

3. Angkat rambut jagung yang sudah kering, lalu disortir lagi dari rambut jagung jika ada yang rusak.

4. Selanjutnya rambut jagung diblender.

5. Hasil dari rambut jagung yang sudah halus.

Baca juga: Desain Ruang Publik Ramah Lingkungan Ini Inovasi Mahasiswa ITS

6. Selanjutnya dikemas dengan memasukan 5 ujung sendok makan atau 1 gram rambut jagung yang telah kering ke dalam kantung teh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com