Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Jenjang Vokasi dan Sarjana? Cek Ini Biar Tidak Salah Plih

Kompas.com - 22/01/2023, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 dibuka untuk jenjang D3, D4, dan S1. Sehingga calon mahasiswa, kini punya banyak pilihan.

Meski begitu, calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi, harus tahu dulu bedanya vokasi dan sarjana agar tak salah pilih saat mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Memilih antara jenjang Vokasi (Diploma) dan Sarjana akan sangat berpengaruh pada pilihan karier kamu di masa depan. Karena itu, pilih yang sesuai tujuan, minat, dan bakatmu.

Selain itu, perhatikan secara rinci perbedaan keduanya.

Selama ini, mahasiswa menganggap jenjang Diploma punya masa kuliah yang lebih cepat dari jenjang Sarjana.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 Tanpa TOEFL, IELTS, dan LoA

Padahal durasi pendidikan diploma juga ada mulai dari 1, 2, 3 serta 4 tahun (D4/Sarjana Terapan).

Sesuai Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional, ternyata pendidikan tinggi di Indonesia diklasifikasikan pada tiga jenis. Apa saja?

Pertama, pendidikan akademik. Yaitu pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, serta atau seni tertentu yang mencakup Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

Kedua, pendidikan vokasi Yaitu pendidikan tinggi yang menunjang di penguasaan keahlian terapan tertentu, mencakup pendidikan D1 atau ahli Pratama, D2 atau ahli muda, D3 atau pakar Madya, serta D4 atau Sarjana Terapan yang setara menggunakan program pendidikan akademik strata.

Ketiga, pendidikan profesi atau seseorang ahli. Yaitu, pendidikan tinggi setelah program pendidikan S1 yang mempersiapkan siswa buat memiliki pekerjaan menggunakan persyaratan keahlian spesifik.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 China: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 228 Juta Per Tahun

Lulusan pendidikan profesi akan menerima gelar profesi. Jadi, pendidikan akademik lebih memfokuskan pembelajaran pada hal-hal terkait penelitian dan penemuan menjadi bentuk pemecahan problem pada bidang jurusan tertentu.

Sedangkan pendidikan vokasi lebih memfokuskan belajar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa agar siap kerja dalam bidang jurusan eksklusif.

Kedua jenis pendidikan harus kamu pahami betul, karena perlu diadaptasikan dengan kebutuhan kamu untuk masa depan

Perbedaan Vokasi dan Sarjana

Ada sejumlah perbedaan antara pendidikan vokasi dan sarjana atau akademik. Mulai berasal durasi studi, tujuan pendidikan, sampai gelar yang diperoleh sang mahasiswa. Berikut perbedaan keduanya dilansir dari laman Universitas Medan Area.

1. Tujuan pendidikan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com