Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMY Kini Punya Fakultas Kedokteran Gigi, Siap Berkompetisi

Kompas.com - 19/01/2023, 14:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi memiliki Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Adapun penetapan pendirian fakultas ini usai mendapatkan persetujuan dari Kemendikbud Ristek.

Menurut Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP., IPM., ASEAN Eng., membangun FKG ini perlu dilakukan kerja sama dan support system yang bagus, karena FKG ini adalah fakultas baru.

"FKG UMY ini adalah fakultas baru yang perlu dibangun dengan penuh sinergi, tata kerjasama yang baik juga support system yang baik," ujarnya dikutip dari laman UMY, Rabu (18/1/2023).

"Saya yakin FKG ini mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi terbaik di luar sana," imbuh dia.

Baca juga: UMY Raih Kembali Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Untuk itu, ia berpesan pada Dekan FKG UMY yang sudah terpilih agar terbiasa untuk bekerjasama dan berkompetisi.

"Jadi kepada Dekan FKG UMY terpilih mulai minggu depan harus bekerja bersama-sama dan terbiasa untuk berkompetisi meski diawali dalam lingkup prodi terlebih dahulu," harapnya.

Selain itu, pada akhir 2022 kemarin, 7 program studi kesehatan di UMY juga sudah terakreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Salah satunya termasuk Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi.

Sedangkan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi terpilih yang telah dilantik pada Selasa (17/1/2023) drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM, MARS., mengatakan jika ini adalah sebuah tantangan.

Meski begitu, jabatan ini juga amanah yang harus dipikul dengan serius dan istiqamah.

Dia pun menceritakan saat SK penunjukan dirinya sebagai dekan FKG ini dia terkejut karena ini adalah tantangan bagi dirinya.

"Ini adalah tantangan untuk saya dan juga sebuah amanah yang harus saya emban dengan serius juga istiqamah, bagaimana tidak karena FKG ini adalah fakultas yang masih baru di UMY," jelasnya.

Ternyata, dia mengaku bahwa sudah memiliki semangat untuk membangun Kedokteran Gigi UMY sejak dirinya bergabung dengan UMY di 2003.

"2003 adalah awal saya bergabung dengan Kedokteran Gigi UMY, saat itu saya sudah memiliki semangat untuk membangun Kedokteran Gigi ini. 18 Tahun berdiri, saya diamanahi menjadi dekan FKG," katanya lagi.

Baca juga: Rektor UMY: Mau Pilih Jurusan Kuliah, Perhatikan Dulu 4 Isu Global Ini

Adapun FKG UMY punya 2 prodi, yakni Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi yang keduanya sama-sama memiliki akreditasi unggul.

"Program studi di FKG ini sudah memiliki predikat unggul, tetapi predikat unggul saja tidak cukup. Kami berkomitmen akan membawa FKG mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi lainnya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com