Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMY Buka Pendaftaran 2023/2024, Sudah Ada Ribuan Calon Mahasiswa Asing Daftar

Kompas.com - 16/11/2022, 08:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kampus Islam terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa tahun akademik 2023/2024.

Ternyata, UMY tidak hanya diminati oleh calon mahasiswa dari dalam negeri saja, tetapi juga calon mahasiswa asing dari luar negeri.

Hal ini mengingat bahwa UMY sebagai salah satu kampus yang sangat terbuka dengan berbagai macam hubungan berkaitan dengan internasionalisasi.

Seperti hubungan kerjasama, pertukaran mahasiswa, sekaligus penerimaan mahasiswa asing. Bahkan tahun ini mahasiswa asing kembali menunjukkan animo mereka. Sebab jumlah pendaftar meningkat pesat dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Ini 6 Kampus Islam Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Meningkat 3 kali lipat

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D., peningkatan jumlah pendaftar dari mahasiswa asing mencapai tiga kali lipat.

"Jumlah mahasiswa asing yang mendaftar di tahun akademik sebelumnya yaitu 1.411, sementara untuk tahun akademik depan di 2023/2024, per 7 November jumlah mahasiswa asing yang sudah mendaftar adalah 3.242 calon mahasiswa," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/11/2022).

Tentu, ia mengaku sangat bersyukur atas peningkatan yang signifikan ini. Menurut Faris ini menunjukkan bahwa animo dan kepercayaaan dari masyarakat internasional terhadap UMY semakin tinggi.

"Sejak 2019 hingga 2021, peningkatan jumlah pendaftar dari calon mahasiswa asing tidak terlalu signifikan. Namun, sekarang dengan masa pendaftaran yang masih akan dibuka hingga Januari, jumlah pendaftar sudah meningkat pesat," jelas Faris.

Dijelaskan, ini semua tidak lepas dari program internasionalisasi UMY yang semakin mudah diterima oleh calon mahasiswa asing.

Penguatan program internasionalisasi seperti pengiriman mahasiswa ke luar negeri, kerjasama dengan berbagai kampus dan instansi luar negeri semakin memperkuat posisi UMY sebagai kampus yang memiliki kualitas internasional.

Baca juga: UMY Tawarkan Mahasiswanya Magang dan Jadi Guru di Arab Sembari Umrah

Ia juga menambahkan bahwa kepercayaan terhadap UMY didapat melalui pelayanan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa asing yang sudah dinilai baik.

Tak hanya itu saja, citra baik UMY di mata internasional juga merupakan hasil dari upaya UMY dalam melakukan branding yang sudah dilakukan, baik secara langsung maupun tidak.

Selain itu, diadakannya kerjasama dan pertukaran mahasiswa pun menjadi penguatan bagi soft branding UMY di luar negeri.

Metode branding yang kedua adalah dengan promosi langsung, contohnya dengan mengadakan gathering para duta besar dari luar negeri.

"Tujuannya adalah untuk memperkenalkan UMY ke negara mereka yang nantinya dapat disampaikan melalui kemeterian pendidikan di negara masing-masing," jelas Faris yang merupakan dosen Ilmu Hubungan Internasional UMY.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com