Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut MSIB Sungguh-Sungguh Bisa Ditawari Kerja Sebelum Lulus

Kompas.com - 19/01/2023, 11:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak kegiatan menarik yang dapat diikuti oleh mahasiswa, baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Terlebih yang sudah mendekati semester akhir, maka bisa coba ikut Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Jika ikut program ini banyak keuntungan yang didapat oleh mahasiswa, salah satunya dapat tawaran untuk bekerja di perusahaan tempat ikut magang.

Manager MSIB Kemendikbud Ristek Ria Aprilia, M.Psi., dalam sosialisasi MSIB dan PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) secara daring bagi mahasiswa dan para koordinator program studi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), memberikan penjelasan seputar MSIB.

Baca juga: 6 Tips agar Sukses Ikut Program MSIB Kampus Merdeka Batch 4

Menurut dia, salah satu keuntungan ikut MSIB ialah jika mahasiswa ikut MSIB dengan sungguh-sunggih tidak menutup kemungkinan bakal dapat golden ticket atau ditawari menjadi karyawan di perusahaan tersebut sebelum lulus.

Selain itu dengan mengikuti program magang juga ada softskill yang akan meningkat bagi mahasiswa tersebut.

"Manfaat program ini salah satunya dapat memperpendek masa tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah menjadi 1,1 bulan dibandingkan dengan masa tunggu nasional 4 bulan," ujar Ria dikutip dari laman UNY, Rabu (18/1/2023).

Dijelaskan, MSIB merupakan program yang bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk melakukan magang dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia.

Melalui bimbingan mentor profesional, mahasiswa didorong untuk memecahkan masalah nyata dan mengasah ketrampilan kerja.

Baca juga: Apa Perbedaan SNBP dan SNBT? Calon Mahasiswa PTN Wajib Paham

Selain itu, MSIB memfasilitasi pengalaman terjun langsung ke dunia industri untuk para mahasiswa sekaligus menyediakan calon talenta yang siap masuk dunia kerja.

Ia juga memaparkan bahwa mahasiswa alumni MSIB memiliki kapasitas berpikir diatas rata-rata mulai dari skill pemecahan masalah hingga berpikir kritis dan kreatif. Alumni MSIB juga memiliki kompetensi kepemimpinan di atas rata-rata.

Sedangkan syarat mengikuti program MSIB adalah:

1. Mahasiswa PTN/PTS minimal semester 5 bagi D4/S1 serta semester 3 bagi vokasi

2. Mendapat surat rekomendasi dan Surat Pernyataan Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM)

3. Memenuhi kualifikasi yang disyaratkan mitra.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo mengatakan bahwa program PMM 2 telah dilaksanakan pada tahun 2022.

Karena kekuatan UNY ada pada kebersamaan, Siswantoyo mengajak para koordinator program studi untuk menciptakan energi positif dalam indikator kinerja utama.

Wakil Rektor juga memaparkan bahwa jumlah mahasiswa dari luar yang ikut PMM di UNY lebih banyak daripada mahasiswa UNY yang mengikuti PMM di luar UNY sehingga Wakil Rektor mengajak koordinator prodi untuk menyeleksi 10 orang yang direkomendasikan untuk ikut PMM dan 10 orang untuk ikut MSIB.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Biologi, Calon Mahasiswa Simak

Dua kegiatan tersebut adalah wujud kemitraan UNY dengan institusi lain yang dibungkus dengan naskah kerja sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com