Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 10:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tahun sudah berganti. Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 juga telah dimulai.

Bagi siswa kelas 12 SLTA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maka harus bersiap diri. Salah satunya ialah menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat. Termasuk mengetahui prospek karier para lulusannya.

Bagi kamu yang tertarik dengan Jurusan Biologi, maka harus paham seperti apa jurusan kuliah tersebut. Termasuk prospek kerjanya nanti.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Jurusan Biologi adalah salah satu dalam fakultas MIPA yang diminati banyak kalangan. Kampus di Indonesia umumnya memiliki dua jenis jurusan Biologi yaitu Biologi murni dan Pendidikan Biologi.

Peluang atau prospek kerja biologi murni maupun pendidikan biologi sama-sama menjanjikan. Tulisan ini akan membahas mengenai prospek kerja dari salah satu jurusan di Fakultas MIPA ini.

Prospek kerja Jurusan Biologi

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini prospek kerja Jurusan Biologi.

1. Dosen

Jika kamu ingin mengembangkan karir dan menimba ilmu lebih luas lagi, kamu bisa memilih karir sebagai dosen. Menjadi dosen di Perguruan Tinggi bisa menjadi pilihan masa depanmu nanti.

Tentu kamu butuh melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3 sebab dosen dituntut memiliki wawasan yang luas. Tak heran kalau gaji, tunjangan dan insentif sangat menggiurkan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

2. Guru

Lulusan sarjana Biologi bisa memilih karir sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar.

Kalau kamu mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan menunggumu. Tetapi saingan juga sangat banyak.

3. Penulis

Peluang atau prospek kerja biologi berikutnya yaitu menjadi penulis. Kalau kamu suka menulis, bisa memilih karir sebagai penulis artikel lepas atau jurnal ilmiah.

Kamu bisa mengisi kolom tulisan di majalah sains atau penulis konten di berbagai website. Semakin bermutu hasil tulisan, Kamu berpeluang mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com