Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Diharapkan Bisa Ambil Peran Strategis

Kompas.com - 13/01/2023, 07:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Presidensi G20 Indonesia memang telah selesai, tapi legasi G20 Empower yang tercantum dalam Deklarasi Bali akan terus dilanjutkan.

Demikian disampaikan Co-Chair G20 Empower Presidensi Indonesia, Rinawati Prihatiningsih dalam keterangannya, Jumat (13/1/2023).

Baca juga: Ikut SNPMB 2023? Ini 7 PTN dengan Lulusan Cepat Dapat Kerja

"Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Troika, G20 Empower Indonesia akan menjaga keberlanjutan isu prioritas, komitmen, 'concrete deliverables' yang telah disepakati bersama," ucap Rinawati. 

Harapannya, di tengah krisis multidimensi dan dinamika kondisi geopolitik saat ini, semangat gotong royong 'recover together, recover stronger, closing the gender gap' dari Indonesia terus berlanjut, menghasilkan kolaborasi konkret.

Salah satunya mewujudkan kesetaraan gender yang berkeadilan dan pemberdayaan perempuan.

Itu sebagai inti dari upaya pemulihan inklusif dan pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka “One Earth, One Family and One Future' yang merupakan tema G20 Presidensi India.

"Keterlibatan aktif seluruh pihak sangat penting dalam keberhasilan mendorong peningkatan angka pemberdayaan dan representasi ekonomi perempuan. Sehingga semakin banyak perempuan bisa mengambil peran strategis dalam lingkup pengambil keputusan, termasuk dalam hal kendali dalam menentukan yang terbaik untuk dirinya sendiri," tuturnya.

Baca juga: UIN Jakarta Tawarkan Kursi Mahasiswa Baru di SNBP 2023, Cek Infonya

G20 Empower berhasil menempatkan isu perempuan dan kesetaraan gender di forum G20 Presidensi Indonesia di sepanjang 2022.

Atas keberhasilan mengangkat isu perempuan dan kesetaraan gender tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh stakeholders G20 Empower Indonesia yang telah berkontribusi.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, menyerahkan sertifikat apresiasi tersebut di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).

"Pemerintah, dalam hal ini KPPPA, sebagai kementerian pengampu G20 Empower, sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilaksanakan dan didukung banyak pihak untuk perjalanan G20 Empower," tutur dia.

Selama satu tahun atau tepatnya sejak Desember 2021 hingga November 2022, Indonesia secara resmi memegang kepresidenan pada G20 2022, termasuk di dalamnya G20 Empower.

Baca juga: 13 PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR, Referensi SNBP 2023

"Salah satu isu penting yang diangkat adalah bagaimana menanamkan pentingnya kepemimpinan perempuan dalam sektor swasta dan publik," ujar Bintang Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com