Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Terima Email Aktivasi Akun SNPMB? Coba 3 Cara Ini

Kompas.com - 11/01/2023, 13:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Registrasi akun SNPMB 2023 untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka hingga 15 Februari 2023.

Selama pembuatan atau registrasi akun SNPMB di akun portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, tentu ada saja masalah akun SNPMB yang muncul.

Misalnya, tidak mendapat email aktivasi akun dari SNPMB. Padahal, aktivasi akun merupakan tahapan dari pembuatan akun SNPMB saat mendaftar SNBP 2023.

Siswa atau sekolah, jangan bingung dulu saat tidak mendapat aktivasi akun SNPMB. Sebab, pihak SNPMB sudah memberikan cara agar aktivasi akun berjalan baik.

Cara mengatasi registrasi akun SNPMB agar dapat email aktivasi akun, cukup mudah.

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB buat Siswa dan Syarat Dokumen SNBP 2023

Dikutip dari laman Help Desk SNPMB, apabila tidak menerima email aktivasi bisa jadi karena salah ketik ketika mengisikan alamat email saat registrasi akun. Kasus ini juga banyak terjadi di setiap tahun.

Berikut ini hal yang bisa siswa atau sekolah lakukan jika belum mendapat email aktivasi dari SNPMB:

1. Jika email benar, maka email aktivasi akan dikirimkan ke inbox dan user dapat melakukan aktivasi. Akun aktif dan selesai.

2. Jika email benar tetapi tetap tidak menerima email aktivasi, maka siswa/sekolah dapat melakukan daftar ulang setelah 15 menit dari pendaftaran sebelumnya dengan email yang sama untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.

3. Jika email salah, maka siswa/sekolah dapat menunggu 15 menit setelah pendaftaran yang pertama. Bisa menggunakan email yang benar untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.

Baca juga: Apa Itu NISN buat Daftar SNBP 2023? Cara Cek Bisa Lewat Link Ini

Selain itu, cara melakukan aktivasi email saat mendaftar akun SNPMB, pastikan memeriksa kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan untuk mendapatkan email aktivasi akun SNPMB.

Saat mendaftar akun SNMPB, siswa disarankan menggunakan akun google mail (gmail).

Jika sudah lebih dari 15 menit belum mendapatkan email aktivasi, silakan mencoba kembali mendaftar akun SNPMB menggunakan email yang aktif.

Saat pembukaan pelaksanaan SNPMB 2023, Ketua Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof Mochamad Ashari memberikan tips agar saat registrasi akun SNPMB tidak ada masalah.

Pertama, siapkan email aktif untuk mendaftar atau registrasi akun SNPMB.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com