Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Hidup Mahasiswa di Depok dan Bogor, Ini Kisaran Per Bulan

Kompas.com - 12/01/2023, 08:03 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber UI,IPB


KOMPAS.com – Depok dan Bogor merupakan dua kota yang kerap dipenuhi mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi. Ada banyak perguruan tinggi yang berlokasi di Depok maupun Bogor.

Kota Depok juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang nyaman. Kota Metropolitan yang berkawasan di Jawa Barat tersebut memiliki banyak keunggulan seperti fasilitas umum yang lengkap, pusat pendidikan lengkap, dan banyak sarana wisata untuk rekreasi. Sementara itu, Bogor dikenal dengan udaranya yang sejuk dan murahnya biaya hidup.

Namun, calon mahasiswa yang berencana menimba pendidikan tinggi di Depok dan Bogor perlu mempertimbangkan biaya hidup di kedua kota tersebut.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya dan Malang? Ini Kisarannya

Biaya hidup tentu menjadi salah satu prioritas menyangkut biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya kebutuhan sehari-hari, dan biaya transportasi.

Dengan demikian, kamu dapat semakin mengetahui dan mempersiapkan diri, terutama biaya hidup tersebut.

Berikut rangkuman Kompas.com tentang kisaran biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor, dirilis dari laman Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Biaya hidup mahasiswa di Depok

Di Depok, terdapat banyak Universitas Negeri dan Swasta. Itulah sebabnya, kota yang terletak di kawasan kota Metropolitan tersebut menjadi salah satu tujuan banyak orang untuk menimba ilmu, terutama jenjang perguruan tinggi.

Beberapa Universitas Negeri dan Swasta di daerah Depok yakni Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Politeknik Imigrasi, Universitas Global Jakarta, Universitas Gunadarma, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

Lokasi yang dijuluki dengan “Kota Belimbing” ini diproyeksi memiliki biaya hidup yang cukup mahal. Namun, hal ini tergantung dari pola dan cara hidup setiap orang.

Dapat dikatakan, biaya hidup dan kebutuhan setiap orang bervariasi. Kamu dapat menyesuaikan keadaan keuangan.

Melansir laman resmi UI, kamar kos di wilayah Depok untuk mahasiswa berkisar Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000, sedangkan untuk apartemen studio minimal Rp 2.000.000.

Sementara itu, untuk biaya konsumsi juga tergolong variatif. Sebagai contoh, mahasiswa UI dapat membeli makanan di warteg sekitar, kantin di kampus, bahkan menu restoran.

Guna menyiasati biaya konsumsi agar lebih murah, mahasiswa dapat membeli makanan dengan kisaran RP 12.000 hingga Rp 25.000 dari warung seperti nasi goreng, nasi padang, bakso, gado-gado, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain.

Transportasi dan akses ke kampus dapat menggunakan kereta rel listrik (KRL), Transjakarta, transportasi online, dan ojek pangkalan. Jika kamu kuliah di UI, tersedia Bis Kuning (Bikun) gratis untuk mahasiswa UI, yang beroperasi sesuai jam kerja.

Oleh karena itu, kisaran biaya mahasiswa di daerah Depok dapat dikatakan berkisar Rp 1.700.000 hingga Rp 2.500.000 per bulan.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Sumut-Sumbar? Ini Kisaran Per Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com