Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Sumut-Sumbar? Ini Kisaran Per Bulan

Kompas.com - 09/12/2022, 08:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sumatera merupakan salah satu pulau yang menjadi incaran calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Di Sumatera sendiri ada tiga universitas berhasil menjadi kampus terbaik di Asia sesuai pemeringkatan yang dilakukan oleh QS Asia University Rankings (AUR) untuk tahun 2023.

QS AUR 2023 sendiri melakukan pemeringkatan bagi 760 universitas terbaik di Asia dan menjadi pemeringkatan terbesar yang meliputi reputasi akademis dan pemberi kerja, jumlah staf yang memegang gelar PhD, dan persentase siswa internasional.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

Tiga universitas yang masuk dalam pemeringkatan yakni di Sumatera Utara ada Universitas Sumatera Utara (USU) dan Sumatera Barat yakni Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Jika kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Sumatera, ada baiknya kamu mengetahui perkiraan biaya hidup disana. Biaya hidup terutama menyangkut tempat tinggal, makanan, dan transportasi.

Dengan demikian, kamu mengetahui gambaran biaya yang harus disediakan setiap bulannya agar mampu mempersiapkan diri sejak sekarang.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, berikut perkiraan besaran biaya hidup mahasiswa di Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat (Sumbar).

Sumatera Utara

Di Sumatera Utara, terutama di kota Medan terdapat banyak Universitas Negeri dan Swasta. Oleh karena itu, kota tersebut menjadi salah kota tujuan banyak orang untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Biaya hidup mahasiswa di Medan relatif terjangkau.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja dan Solo? Ini Kisaran Per Bulan

Kamar kos di kota Medan berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1,5 juta per bulan, tergantung fasilitas yang disediakan. Ada juga mahasiswa yang memilih dengan cara mengontrak, biayanya berkisar Rp 7,5 juta per tahun.

Sepiring nasi berkisar Rp 14.000 dengan menu sederhana. Biasanya mahasiswa di Medan banyak yang memilih makan siomay seharga Rp 5.000, bakso Rp 12.000, atau soto Rp 15.000.

Besaran biaya makan tentu saja tergantung dari kebutuhan setiap orang. Ada yang memilih untuk memasak sendiri agar lebih hemat, ada juga yang tidak sempat memasak dan memilih untuk membeli makanan di warung makan.

Oleh karena itu, untuk kebutuhan makanan tentu bervariasi, tergantung dengan pola makan dan kecenderungan tertentu.

Namun, dengan menyediakan biaya makan sehari berkisar Rp 32.000 juga sudah cukup.

Mahasiswa di Medan membutuhkan biaya hidup dengan Rp 1,6 juta sebulan. Namun, tergantung dari pilihan mahasiswa dan kondisi ekonominya.

Selain USU masih banyak pilihan universitas lain, seperti Universitas Negeri ada Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan lain-lain. Sementara itu, kampus swasta seperti Universitas Medan Area, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Katolik Santo Thomas, dan lainnya.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com