Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Lanjut Kuliah S2 di Luar Negeri Dibandingkan Kerja

Kompas.com - 23/11/2022, 17:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melanjutkan kuliah S2 di luar negeri bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi S1-nya.

Alih-alih langsung bekerja, mahasiswa bisa memanfaatkan beasiswa dan melanjutkan studi S2 di luar negeri.

Ada 4 alasan penting kenapa kuliah S2 di luar negeri bisa dipilih daripada langsung bekerja setelah selesai kuliah S1.

Melansir akun Instagram kursus persiapan daftar beasiswa ke luar negeri @schoters, Rabu (23/11/2022) memaparkan alasan kenapa memilih melanjutkan S2 di luar negeri dibandingkan kerja dulu.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Jarang Dilirik, Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Hidup

Alasan lanjut kuliah S2 di luar negeri dibandingkan kerja

1. Memperluas peluang kerja

Dengan melanjutkan S2 di luar negeri, mahasiswa bisa memperluas peluang kerja di negara lain melalui universitas yang kamu pilih.

Tiap universitas dan negara punya keunggulan di bidang masing-masing. Beberapa kampus luar negeri bahkan menyediakan wadah khusus yang mempertemukan mahasiswanya dengan calon employer dari negara tersebut atau negara lain.

Selain itu juga ada kelas khusus bagi pengajar tamu dari industri ternama dan menjalankan experiential education (ada peluang magang atau industry visit dan lain sebagainya).

2. Menambah daya tarik dalam dunia kerja

Di tengah banyaknya kandidat yang melamar kerja, punya gelar S2 dari kampus luar negeri tentu akan mendapatkan nilai plus.

Dalam survei yang dilakukan oleh Pennsylvania State University kepada beberapa industri di Amerika Serika, industri juga mempertimbangkan segala hal. Termasuk motivasi memilih negara tujuan dengan role yang didaftar.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

3. Skill dan pengetahuan mendalam

Satu alasan lagi kenapa melanjutkan S2 di luar negeri daripada bekerja adalah dengan mengambil S2, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu yang lebih mendalam dan mengasah soft skill yang dibutuhkan dalam industri modern.

Seperti kemampuan bahasa asing, adaptasi, inisiatif, problem solving dan lain sebagainya.

4. Koneksi lebih luas

Satu lagi alasan mahasiswa memilih lanjut S2 di luar negeri daripada nekerja adalah saat mengambil S2, kamu ditantang untuk bertemu dengan budaya baru dan belajar bersama orang-orang dari berbagai negara dan latar belakang.

International exposure ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk memperluas koneksi dan mengulik lebih dalam tentang dunia kerja.

Baca juga: Asesmen Bakat Minat BP3 Kemendikbud Bantu Siswa Pilih Jurusan Kuliah

Itulah 4 alasan kenapa mahasiswa bisa memilih kuliah S2 di luar negeri daripada bekerja setelah menyelesaikan studi S1nya. Kamu bisa mencari program beasiswa yang kini banyak tersedia untuk mewujudkan rencanamu kuliah S2 di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com