Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BP3 Kemendikbud Gelar Tes Minat Bakat Siswa SMA-SMK, Segera Daftar

Kompas.com - 23/11/2022, 07:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbud Ristek) akan mengadakan asesmen bakat dan minat.

Hal ini merupakan kabar baik bagi siswa jenjang SMA dan SMK yang akan mengikuti SNPMB 2023 baik melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Atau dulu disebut dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pelaksanaan asesmen bakat dan minat oleh BP3 Kemendikbud Ristek ini diumumkan langsung melalui akun Instagramnya @bp3_kemdikbud.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

"Halo, Kawan Pendidikan

Ada kabar gembira nih untuk kawan-kawan di jenjang SMA/SMK kelas XII khususnya yang berada di Provinsi D.I. Yogyakarta, Provinsi Gorontalo, Provinsi Jawa Barat (Kota Bogor, Kota Depok dan Kota Bekasi). BPPP Kemendikbudristek akan memberikan layanan asesmen bakat dan minat. Manfaatkan sebaik-baiknya ya kawan!," tulis BP3_Kemdikbud seperti dikutip, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Bakat dan Minat untuk Memilih Jurusan Kuliah

Mengenali bakat dan minat sangat penting

Dalam postingan dari BP3 Kemendikbud, Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dr. Rahmawati mengatakan, mengenali bakat dan minat adalah hal yang penting untuk memaksimalkan potensi serta menavigasi arah karier seseorang.

"Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) memberikan layanan asesmen bakat dan minat kepada peserta didik jenjang SMA dan SMK," kata Rahmawati.

Lokasi asesmen bakat dan minat BP3 Kemendikbud Ristek

Asesmen bakat dan minat yang dilaksanakan BP3 Kemendikbud RIstek ini akan dilakukan di beberapa kota, antara lain:

1. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Provinsi Gorontalo

3. Kota Bogor

4. Kota Depok

5. Kota Bekasi

Baca juga: SNMPTN Diganti dengan SNBP, Ini Bedanya yang Perlu Diketahui Siswa

"Harapan kami melalui layanan ini setiap peserta didik dapat memanfaatkan hasil assessmen bakat dan minat sebagai salah satu informasi yang dapat digunakan untuk menavigasi serta merencanakan karier setiap peserta didik untuk masa depan," ungkap Rahmawati.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com