Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan, Info Ners UM Surabaya

Kompas.com - 13/10/2022, 15:58 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Cuaca yang cepat berubah dari panas kemudian hujan bisa membuat kondisi tubuh tidak fit sehingga mudah terserang penyakit. Untuk itu, cara menjaga daya tahan tubuh di musim hujan amatlah penting diketahui.

Pasalnya, kondisi cuaca di musim peralihan ini dapat membuat orang tua, remaja hingga anak-anak mudah terserang batuk, pilek hingga demam.

Agar bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit, Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Islam Syarifurrahman membagikan sejumlah cara menjaga daya tahan tubuh di musim hujan agar tetap sehat.

Baca juga: Gejala DBD pada Anak dan Bedanya dengan Flu, Ini Penjelasan Pakar

1. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi perlu diperhatikan saat menjaga daya tahan tubuh dengan porsi yang seimbang, artinya harus kaya buah serta sayuran.

Apabila ragu akan pola makan terbaik, bisa melakukan mengkonsultasikan dengan dokter ataupun ahli gizi untuk menentukan nutrisi yang baik bagi tubuh.

2. Penuhi kebutuhan vitamin

Mengonsumsi vitamin saat musim hujan baik untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah terkena penyakit, vitamin mampu membantu daya tahan tubuh dalam melawan penyakit.

“Vitamin C, D, B6, dan Zinc yang bisa dipilih untuk dikonsumsi agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit selama musim hujan,” jelasnya dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Kalender 2023, Cek Hari Libur dan Libur Sekolah SD-SMA di 8 Provinsi

3. Olahraga

Makanan bergizi, konsumsi vitamin saja belum cukup dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Melakukan olahraga rutin perlu menjadi aktivitas wajib bagi semua orang agar tubuh tetap sehat dan kuat.

“Seseorang bisa memilih beberapa jenis olahraga yang disukai dan bisa melakukannya secara rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu,” katanya.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi varian penting dalam menjaga daya tahan tubuh, saat seseorang tidur tubuh akan melakukan regenarasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal.

“Seseorang bisa istirahat yang cukup saat malam hari kurang lebih 6-8 jam untuk mengurangi stres serta daya tahan tubuh yang rendah,” pungkasnya.

Dengan menjalanin 4 cara menjaga daya tahan tubuh di musim hujan, diharapkan dapat membuat tubuh lebih fit sehingga bisa beraktivitas optimal.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2022 Kemendikbud Dibuka, Mahasiswa S1-S3 Segera Daftar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com