Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil MAN 2 Kota Malang, Sekolah Terbaik di Malang

Kompas.com - 11/10/2022, 08:51 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Sejumlah sekolah di Malang masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik tersebut. Dari daftar yang dirilis, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang berhasil meraih peringkat pertama menjadi sekolah terbaik di Kota Malang.

Sekolah ini mendapat skor total rerata UTBK sebesar 617.605 dari 23.657 SMA, MA, SMK, dan SMA swasta di Indonesia.

Melansir laman resminya, awalnya MAN 2 Kota Malang dikenal dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang yang merupakan salah satu Madrasah Aliyah Negeri model di Indonesia yang didirikan berdasarkan alih fungsi dari Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Malang dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama nomor 42 tahun 1992 pada tanggal 7 Januari 1992.

Baca juga: Profil MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, SMA Terbaik di Sumbar

Dengan demikian sejarah MAN 2 Kota Malang tidak bisa dipisahkan dari sejarah PGAN Malang yang merupakan salah satu PGAN tertua di Indonesia.

Sejak 1 Januari 2018, MAN 3 Malang berubah nama menjadi MAN 2 Kota Malang berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 673 tahun 2016 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Timur.

Hingga saat ini, sekolah tersebut dinamai MAN 2 Kota Malang yang merupakan lembaga pendidikan umum di tingkat menengah, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang mempunyai keunggulan dibidang pemahaman agama Islam.

Baca juga: Profil SMAK Kolese St. Yusup, SMA Swasta Terbaik di Malang

Sejak awal, MAN 2 Kota Malang sudah memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat keunggulan akademik dan non-akademik. Banyak tantangan yang berhasil di lalui hingga menjadi Madrasah yang kini diminati oleh masyarakat umum, khususnya yang ada di sekitarnya.

Terapkan sistem kurikulum SKS dan bina jiwa INSAN PRO

Upacara bendera 17 Agustus oleh warga MAN 2 Kota Malang Dok: MAN 2 Kota Malang Upacara bendera 17 Agustus oleh warga MAN 2 Kota Malang

MAN 2 Kota Malang saat ini dinakhodai oleh Drs. H. Mohammad Husnan, M. Pd., yang dikenal sebagai kepala Madrasah, dengan jumlah siswa sebanyak 1219.

Motto yang diusung oleh sekolah yakni “Dedikasi yang tinggi terhadap tugas, Usaha yang maksimal/man jadda wajada, Ikhlas dalam menjalankan tugas dan Taqwa-tabah dan tawwakal menghadapi segala ujian dan tantangan.”

Biasanya mereka menyebutnya dengan “DUIT” yang merupakan singkatan dari motto di atas.

Dengan motto tersebut, mereka diajari dan ditempa menjadi orang-orang yang “Jujur, Kerja Keras, Berprestasi, dan Bermartabat,” sebagai core values MAN 2 Kota Malang.

Baca juga: Profil SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, SMA Negeri Terbaik di Tangsel

Hal tersebut sejalan dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah yang bernuansa Islam ini.
Di MAN 2 Kota Malang, visi kurikulum disusun yang disusun yakni terwujudnya proses kegiatan belajar mengajar yang optimal dalam rangka memperoleh kualitas akademik yang sesuai dengan visi sekolah.

Dalam pelaksanaannya, sekolah tersebut memberlakukan pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS), sehingga struktur kurikulumnya meliputi substansi pembelajaran yang dapat ditempuh dua sampai empat tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com