Kompas.com - 05/10/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah sekolah di Malang masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 tertinggi versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni 589,501.

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), SMA Katolik Kolese Santo Yusup (Kosayu) berhasil menyabet SMA Swasta terbaik di Kota Malang berdasarkan nilai UTBK 2022.

Melansir laman resminya, pendirian SMAK Kolese St. Yusup ini berawal dari penugasan almarhum Uskup Malang yakni Mgr. AEJ Albers O.Carm., kepada Pastor Joseph Wang, CDD pada 16 Januari 1951 untuk mendirikan sekolah Katolik di Malang.

Baca juga: Profil SMAIT Nurul Fikri, Sekolah Terbaik di Depok dengan Kurikulum Islam

Oleh karena itu, pada 5 Juli 1951 dibukalah Sekolah Menengah secara darurat dengan upacara yang sangat sederhana. Kemudian pada 17 Juli 1951 proses belajar mengajar dimulai dengan empat ruangan kelas dan satu kantor.

Beberapa bulan kemudian, tepat pada 5 Februari 1952, sekolah tersebut memilih Santo Yusup sebagai nama sekolah.

Pada 1972, terjadi perkembangan yang cukup besar pada SMAK Kolese St. Yusup tersebut. Oleh karena itu, pada 1 September 1974, sekolah tersebut pindah ke Blimbing dengan kapasitas sembilan kelas yang sudah mulai ditempati di atas tanah seluas 2 hektare bekas sawah dan tanpa tetangga.

Baca juga: SMAK St. Louis 1 Jadi Sekolah Swasta Terbaik Indonesia, Ini Profilnya

Setelah pembukaan tahun ajaran baru dengan menggunakan sembilan kelas, pada 19 Maret 1975, Walikota Malang, Sugiyono resmi membuka sekolah tersebut.

SMAK Kolese St. Yusup berkembang dari tahun ke tahun. Saat ini, ruang kelas yang ditempati oleh siswa sebanyak 30 kelas di atas lahan seluas 3,5 hektare. Siswanya sebanyak 1.293 orang dan telah meluluskan sebanyak 10.051 siswa yang berasal dari penjuru Indonesia.

Akreditasi SMAK Kolese St. Yusup

Suasana belajar di ruang kelas SMAK Kolese St YusupDok: SMAK Kolese St Yusup Suasana belajar di ruang kelas SMAK Kolese St Yusup
SMAK Kolese Santo Yusup beralamat di jalan Simpang Borobudur nomor 1, Malang. Kualitas pendidikan di SMAK Kolese St. Yusup diperkuat dengan adanya penetapan status “disamakan” pada sekolah tersebut sejak 1985. Penetapan status disamakan terakhir berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah No. 2722/I04/2001 tanggal 9 Februari 2001.

Pada 2007 status SMAK Kolese Santo Yusup berubah menjadi Terakreditasi “A” oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM). Hingga saat ini, sekolah tersebut dikenal sebagai salah satu sekolah terfavorit di Indonesia.

Baca juga: Singapore Institute of Management Buka Program Diploma di Indonesia

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.