Kompas.com - 07/10/2022, 07:38 WIB

KOMPAS.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Dari daftar tersebut, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Padang Pariaman berhasil meraih peringkat pertama menjadi sekolah terbaik di Sumatera Barat.

Sekolah ini mendapat nilai total rerata UTBK sebesar 594.622 dari 23.657 SMA, MA, SMK, dan SMA swasta di Indonesia.

Baca juga: SMAK St. Louis 1 Jadi Sekolah Swasta Terbaik Indonesia, Ini Profilnya

Berdiri tahun 1996, MAN Insan Cendekia Padang Pariaman juga telah menjadi salah satu pilihan bagi lulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMP) di Provinsi Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikan.

Hal tersebut terbukti dari tingginya antusias siswa untuk mendaftar di Insan Cendekia Padang Pariaman. Di usianya yang kedua, tepat pada 2017 jumlah pendaftar sekitar 1.300 orang dan pada 2018 meningkat menjadi sekitar 1.500 orang.

Melansir laman resmi, MAN Insan Cendekia merupakan model satuan pendidikan jenjang menengah yang memadukan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ciri khas utamanya pengayaan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Profil SMAIT Nurul Fikri, Sekolah Terbaik di Depok dengan Kurikulum Islam

Berbasis keunggulan lokal

Siswa/i MAN Insan Cendekia Padang PariamanDok: MAN Insan Cendekia Padang Pariaman Siswa/i MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman dipimpin oleh Hendrisakti Hoktovianus, S.Pd., M.Pd., dengan jumlah siswa sebanyak 512 orang.

MAN Insan Cendekia memiliki beberapa keunggulan dari sekolah madrasah lainnya. Hal tersebut juga menjadi kekhasan dan kelebihannya sehingga diincar oleh banyak siswa.

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran mengacu kepada standar mutu di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.