Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekan FK Unair Bertemu Diaspora Sukses di Belanda, Ini yang Dibahas

Kompas.com - 03/10/2022, 11:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber FK Unair

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) terus memperluas jejaring internasional. Seperti halnya berkolaborasi dengan Universitas Erasmus, Belanda.

Menariknya, saat berada di Belanda, Dekan FK Unair, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K)., bertemu dengan Diaspora yakni Prof. Hok Bing Thio.

Prof. Bing begitu dia sering dipanggil oleh murid-muridnya, adalah guru besar dalam bidang Dermatologi di Erasmus Medical Centrum Rotterdam.

Baca juga: Dosen Gizi Unair: Ini Tips Kontrol Gula Berlebih pada Makanan Kemasan

"Ayah beliau dokter gigi lulusan FKG Unair, kemudian membuka praktek dokter gigi di Belanda, di daerah berbatasan dengan Jerman," cerita Prof. Dr. Budi seperti dikutip dari laman FK Unair, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, Prof. Bing lahir dan sekolah di Surabaya hingga tamat SD, tinggal di jalan Lawu Surabaya.

Kemudian berkuliah di Fakultas Kedokteran Leiden dan mengambil Spesialis Dermatologi di kampus yang sama. Ia mengajar di Erasmus Medicum Centrum Rotterdam hingga menjadi profesor.

"Saat ini beliau mempunyai student PhD dari Indonesia, ada yang dari UI, Unpad, Unair dan Brawijaya," imbuh dekan FK Unair.

Dalam pertemuannya ini lahir sebuah wacana untuk mengerjakan proyek penelitian bersama dengan mengangkat isu glogal, perubahan iklim.

Rencananya, penelitian ini akan melibatkan tiga Fakultas Kedokteran dari kampus terkemuka, Unair, Universitas Thamassat, Thailand dan Universitas Erasmus.

Adapun penelitian ini akan menyoroti dampak perubahan iklim pada kesehatan kulit.

"Rencananya untuk pendanaan akan kami ajukan ke Uni Eropa," lanjut ahli obgyn ini.

Baca juga: 6 Makanan bagi Penderita Asam Lambung, Info Ners Unair

Bahkan jika tak ada halangan, dekan FK Unair akan bertemu kembali dengan Prof. Bing di Surabaya pada bulan November mendatang untuk membahas kolaborasi lanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com