UI Buka Program Pre-University bagi Siswa SMA Rasakan Kuliah di UI, Yuk Daftar

Kompas.com - 03/10/2022, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan program Pre-University (Pre-U) 2022 yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK, lulusan SMA yang dalam masa tunggu (gap year) mahasiswa jenjang S1-S2.

Program Pre-U UI bertujuan agar peserta dapat lebih memahami program studi (prodi) yang akan dipilih kelak saat kuliah di UI. Dengan cara mengikuti kuliah online untuk Mata Kuliah (MK) yang dipilih dalam Pre-U dan mendapatkan credit earning atau SKS.

SKS dapat menjadi tabungan peserta program Pre-U sehingga bila nantinya diterima berkuliah di UI, tidak perlu mengambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U. Dengan catatan, program ini hanya bisa di-credit earning-kan pada jenjang siswa sekolah seperti SMA/SMK dan lulusan S1.

Baca juga: Kemendikbud: Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka Sepanjang Tahun, Cek Infonya

Direktur CIL UI, F. Astha Ekadiyanto mengatakan peserta program Pre-U dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara online melalui Center For Independent Learning (CIL) UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya.

"Sejak program Pre-U dibuka, respon calon peserta sangat antusias dengan adanya program Pre-U ini. Total sekitar 800 peserta yang saat ini sedang mengikuti program tersebut,” ujar Astha dilansir dari keterangan tertulis UI.

Cara daftar Pre-University UI

Astha menjelaskan, pendaftaran Pre-U UI dibuka tergantung dari mata kuliah yang ditawarkan dan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik.

Peserta Pre-U yang telah mengumpulkan mikro-kredensialnya hingga maksimal 3 tahun dapat mengikuti seleksi masuk UI ke program studi yang diminati.

Baca juga: 9 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Tahun 2030, Mahasiswa Harus Tahu

UI Buka Kelas Pre-University bagi Siswa SMA-SMK Rasakan Kuliah di UIDok. UI UI Buka Kelas Pre-University bagi Siswa SMA-SMK Rasakan Kuliah di UI

Ketika diterima sebagai mahasiswa UI, maka akan memperoleh pengakuan atas mikro-kredensialnya melalui sistem credit earning/Satuan Kredit Semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya.

“Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan peserta program Pre-U sehingga saat diterima berkuliah di UI tidak perlu mengambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U. Misalnya, peserta mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dari Fakultas Psikologi dengan bobot SKS 3,” ujar Astha.

“Mata kuliah Pre-U yang ditawarkan melalui CIL UI akan terus bertambah, sehingga total SKS yang ditabung mencapai hingga 50 persen dari total SKS yang yang menjadi syarat kelulusan program studinya,” kata Astha.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.