Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Nyebelinnya Masa Orientasi Siswa Dulu

Kompas.com - 22/09/2022, 12:32 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Masa sekolah dapat dikatakan sebagai salah satu momen dalam hidup yang sulit terlupakan. Kehadiran teman dan guru memberikan warna tersendiri saat masa sekolah.

Salah satu momen tak terlupakan semasa sekolah adalah saat mengikuti masa orientasi siswa (MOS) atau pengenalan lingkungan dan budaya sekolah. Kegiatan ini juga menciptakan suasana yang mendorong kemampuan bersosialisasi pelajar.

Saat MOS, sering kali kita diminta menebak makanan yang akan dibawa. Rasa kesal muncul ketika kita tidak bisa menebaknya dan berujung dimarahi senior.

Hal menyebalkan saat MOS seperti di atas ternyata juga dirasakan oleh Anya dan Banni Datu dalam siniar Kosan HAI episode “Nyebelinnya Masa Orientasi Siswa Dulu”.

Meski begitu, momen MOS tak semuanya berakhir menyebalkan. Ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa kita ikuti untuk mengenal sekolah atau universitas lebih dalam.

Mungkin rasa takut akan muncul kala kita bertemu dengan orang dan lingkungan baru saat MOS. Namun, percayalah kalau MOS bisa jadi kesempatan bagus untuk melatih diri agar lebih berani.

Baca juga: Antara Kesepian dan Merayakan Kesepian

Ini disebabkan masa orientasi merupakan kesempatan untuk mempelajari cara kerja di sekolah baru dan bertemu dengan siswa lainnya. Program orientasi yang baik membantu siswa merasa bersemangat untuk memulai kehidupan sekolah atau kuliahnya.

Bahkan, tujuan diadakannya orientasi ini telah tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.

Kesempatan untuk Berkenalan

Orientasi adalah kesempatan kita bertemu dengan orang-orang baru dengan berbagai latar belakang. Selain itu, pelajar juga akan diajak untuk akrab dengan sekolah atau universitasnya yang diharapkan bisa menjadi “rumah”.

Biasanya, kita akan berkeliling area sekolah atau kampus dan mencari tahu lebih banyak tentang layanan kesehatan, makanan, kebutuhan komputer, dan lainnya.

Kita juga akan bertemu dengan siswa lain, baik kakak kelas maupun teman-teman kelas. Kita juga dapat mendengar cerita kehidupan di sekolah asal mereka dan mulai menjalin pertemanan baru.

Terlibat dalam Acara Sosial

Biasanya rangkaian orientasi siswa akan ditutup dengan acara sosial. Gunakanlah kesempatan ini untuk lebih mengenal lingkungan sekitar dan juga menambah pengalaman berharga.

Tak hanya itu, bergabung dengan acara sosial juga akan menjadikan kita lebih menghargai kehidupan yang sebenarnya.

Pelajari Tentang Fasilitas Penunjang

Saat pengenalan lingkungan sekolah tentu kita akan mendapatkan informasi mengenai sarana dan prasarana. Namun, tak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui detail lokasinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com