Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mahasiswa UNS Belajar di Kampus BJ Habibie di Jerman

Kompas.com - 20/09/2022, 16:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Marcellinus Abellard Arioseto termasuk beruntung karena bisa merasakan belajar di Rheinisch-Westfälische Technisch Hochschule (RWTH) Aachen University, Jerman.

Rheinisch-Westfälische Technisch Hochschule (RWTH) Aachen University, Jerman merupakan kampus tempat presiden ke-3 Indonesia yakni B. J. Habibie.

RWTH Aachen University merupakan salah satu universitas terbaik di Jerman. Selain itu, Aachen University juga menempati peringkat 165 World University Ranking dan peringkat 30 dunia bidang engineering and technology.

Marcellinus bisa merasakan pendidikan di Aachen University melalui program UNS Global Challenge yang dinaungi oleh International Office UNS.

Baca juga: 8 Jurusan Paling Santai dan Mudah, Calon Mahasiswa Pilih Mana?

UNS bahkan menjadi salah satu universitas yang telah mengirimkan mahasiswa ke universitas terkemuka dunia sejak beberapa tahun lalu.

Mahasiswa program studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) UNS ini berhasil lolos program summer school selama tiga pekan pada 3 hingga 23 Juli 2022 di Rheinisch-Westfälische Technisch Hochschule (RWTH) Aachen University, Jerman.

RWTH Aachen University, Jerman

Marcell memilih Aachen University sebagai tempat tujuan untuk mengikuti summer school karena mendapat informasi mengenai kampus tersebut dari webinar yang diadakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Indonesia.

Program yang diikuti Marcell di Aaachen University yaitu Summer School Engineering RWTH Aachen University (Robotics, Communication Networks, and Innovation).

"Nemu programnya pas ikut webinar dari DAAD. Ternyata universitasnya juga cukup terkenal di Indonesia karena salah satu alumnusnya adalah mantan presiden Indonesia, B. J. Habibie. Jadi aku makin tertarik buat ikut program ini," urai Marcell seperti dikutip dari laman UNS, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: 12 Jurusan Kuliah Tersulit, Calon Mahasiswa Tertarik Daftar?

Selama berada di Jerman, Marcel mengikuti berbagai kegiatan berupa summer course yang berfokus pada bidang teknik.

Pilih peminatan robotik

Terdapat beberapa tawaran peminatan, seperti robotik, produksi, bahasa Jerman, dan beberapa pilihan lainnya.

"Aku milih robotik karena menurutku bidang itu bakal dibutuhin atau sangat prospek di masa depan. Nah, di dalam robotik ini juga ada banyak pilihan mata kuliah yang bisa diambil," papar Marcell.

Beberapa mata kuliah yang diambil antara lain introduction to robotics, robotics systems and kinematics, fundamentals of mechatronic systems engineering, dan information theory and systematic design of communication systems.

Mahasiswa semester tujuh ini menambahkan, kegiatan di Aachen University berlangsung selama tiga minggu.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Tengah, Siapa Peringkat 1?

Pada minggu pertama, Marcell mengikuti kegiatan roboproject. Seluruh mahasiswa yang mengikuti program tersebut ditantang membuat robot dari lego dan diprogram agar dapat melewati challenge atau rintangan yang ada.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com